Yang Harus Dilakukan Saat Handphone Hilang

handphone hilangHandphone telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Saat handphone tertinggal atau bahkan jika sampai handphone hilang maka akan serasa kehilangan sebagian besar hidup kita karena didalamnya terdapat banyak sekali contacs bahkan dokumen penting seperti foto, video dan sebagainya apalagi kalau belum di backup.
Terlebih dengan fasilitas yang ada di smartphone android sekarang ini terdapat account seperti WhatsApp, BBM, Facebook, Twitter, dsb yang tentunya bisa disalahgunakan orang jika smartphone android kita hilang. Misalkan kalau pencuri smartphone tersebut minta transfer uang ke saudara atau pelanggan kita menggunakan akun WhatsApp kita maka bisa rusak reputasi baik kita.

Karena itu untuk antisipasi android hilang maka hal yang harus dilakukan untuk melacak android yang hilang antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Calling Yourself. Lakukan panggilan ke nomor smartphone yang hilang tersebut dengan menggunakan handphone lain bisa dengan meminjam telepon teman atau saudara. Atau coba kirimkan pesan teks berupa SMS, WhatsApp, BBM ke handphone anda dan tawarkan hadiah bagi yang menemukan dan mau mengembalikan ponsel kepada anda. Dengan dua cara tersebut maka akan ada dua kemungkinan yang akan terjadi; seseorang telah menemukan handphone  anda atau anda akan mendengar dering telepon di antara bantal, sofa atau di dalam tas.
  2. Hubungi Operator Seluler dan laporkan pada mereka bahwa smartphone anda telah hilang atau dicuri lalu mintalah pada mereka untuk menonaktifkan layanan data, pesan, dan panggilan telepon pada nomor anda. Hal ini bisa mencegah pencuri ponsel menghabiskan pulsa Anda untuk menelepon atau menggunakan layanan data yang masih aktif.
  3. Ganti password. Smartphone anda bisa saja tidak akan kembali namun tetapi jangan sampai kehilangan contact atau akses ke semua account anda. Jika saat smartphone tersebut hilang dalam keadaan terbuka tanpa password dan belum logout dari semua account social media maka segeralah mengubah password semua account tersebut termasuk intrernet banking dan email. Beruntunglah bagi anda yang menggunakan smartphone android dan menyimpan semua contacs di account google anda karena saat anda login di smartphone android lain dengan email yang sama maka semua contacs tersebut akan di restore kembali ke smartphone android yang baru
  4. Gunakan bantuan aplikasi. Saat ini sudah ada banyak aplikasi yang terhubung dengan GPS sehingga akan memudahkan pencarian smartphone yang hilang. Anda dapat memanfaatkan aplikasi seperti Find My iPhone (iOs), BlackBerry Protect (Blackberry), atau Prey, Mobile Defense, dan Lookout (Android).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × one =