Tips Mengatasi Kecanduan Android

Mengatasi kecanduan android sebenarnya tidak sulit asalkan benar-benar serius dilakukan. Perkembangan teknologi di bidang smartphone saat ini membuat manusia yang kemudian menjadi kecanduan, terutama smartphone Android yang memang menawarkan fitur serta fasilitas yang menarik dan terus berkembang. Padahal kita semua paham bahwa dengan menggunakan ponsel secara berlebihan akan memberikan efek yang tidak baik karena akan menyebabkan kecanduan.

Setidaknya seperti itulah yang disampaikan oleh Prof. Cary Cooper, seorang psikolog di Lancaster University, Inggris. Dia berharap pengguna ponsel dapat lebih membatasi waktu menggunakan ponsel karena akan berdampak negatif. “Melihat layar secara konstan membuat Anda menjauh dari orang, Anda tidak berinteraksi dengan dunia nyata atau menghadapi masalah Anda,” ucap Cooper.

Smartphone berpotensi untuk membuat adiksi. Cooper menerangkan, bahwa salah satu penyebabnya adalah karena pengguna tidak pernah tahu kapan akan menerima email, SMS atau pesan yang menghibur sehingga mereka akan terus melihat smartphonenya untuk mencari hiburan.

“Menjadi subjek dari aliran data yang konstan serta informasi yang overload akan mendatangkan risiko nyata akan ketidakpedulian pada informasi yang sebenarnya dibutuhkan dan membuat Anda menjadi kurang mengontrol kehidupan,” katanya.

Tips Mengatasi Kecanduan Android

tips mengatasi kecanduan android

Berikut beberapa tips mengatasi kecanduan android dan supaya hidup menjadi lebih sehat :

1. Kurangi penggunaan Android secara bertahap

Smartphone android merupakan barang yang sangat berguna jadi hampir tidak mungkin untuk tidak memakainya sama sekali. Bahkan jika semula kecanduan android kemudian secara mendadak tidak menggunakan maka akan lebih merusak secara psikologis. Untuk mengatasi kecanduan android, disarankan untuk mematikannya selama beberapa menit setiap harinya, kemudian dilakukan lebih lama pada beberapa hari berikutnya.

2. Gunakan Android pada tempatnya

Setiap orang harus tahu benar dan menyadari kapan waktu untuk tidak menggunakan android. Seperti ketika sedang mengemudi karena akan berpotensi membuyarkan konsentrasi yang dapat berujung pada kecelakaan. Atau mungkin ketika sedang menghadiri  acara yang sakral.

3. Banyak berbicara

Ngobrol di dunia nyata tak akan tergantikan dengan perbincangan melalui android atau dengan chatting. Ngobrol dengan bertatap muka akan memberi lebih banyak pemahaman dengan apa yang dirasakan oleh lawan bicara serta bagaimana respon secara tepat. Karena komunikasi lebih banyak melibatkan bahasa tubuh serta hubungan nyata yang tidak dapat terjadi dengan percakapan melalui smartphone.

4. Banyaklah berolahraga

Lebih banyaklah berolahraga dan mulai tinggalkan android Anda. Olahraga akan membuat perasaan lebih senang dan dapat menurunkan depresi yang bisa terjadi karena menggunakan android secara berlebihan.

5. Mengukur penggunaan Android

Seorang pengguna android mungkin tidak dapat menyadari betapa banyaknya waktu mereka yang tersita dan apa saja yang telah terlewatkan hanya karena menggunakan android. Padahal ada banyak momen indah yang hanya dapat terjadi di dunia nyata, seperti ciuman pertama atau obrolan menyenangkan dengan orang terdekat.

6. Gunakan android secara bijaksana

Sebenarnya android dapat sangat berfungsi dalam kehidupan karena sebenarnya ada banyak aplikasi yang sangat bermanfaat untuk membantu menjadikan hidup menjadi lebih mudah. Namun akan lebih baik jika menggunakan android dengan bijaksana hingga dalam taraf yang tidak mengganggu kehidupan sosial.

Berikut diatas merupakan beberapa tips mengatasi kecanduan Android yang dapat ditempuh jika anda merasa mulai sangat tergantung dengan benda tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × 4 =