Tips Memilih GPS Navigasi Untuk Mudik

Memilih GPS navigasi yang bagus untuk keperluan travelling anda ketika bepergian atau mudik perlu anda lakukan jika tidak ingin perjalanan anda terganggu atau bahkan tersesat karena GPS anda gagal lock atau terlambat update petanya. GPS merupakan kependekan dari Global Positioning System yang merupakan sistem yang dapat menentukan posisi GPS tersebut di permukaan bumi dengan menggunakan bantuan penyelarasan (synchronization) dari sinyal satelit. System tersebut menggunakan sejumlah 24 satelit yang akan mengirimkan sinyal berupa pancaran gelombang mikro ke permukaan Bumi. Sinyal tersebut kemudian diterima oleh GPS sebagai salah satu alat penerima di permukaan bumi, yang kemudian digunakan sebagai penentu letak, kecepatan, arah, dan waktu.
Selain fungsi tersebut, GPS juga dapat digunakan sebagai pengukur kecepatan anda ketika berlari ataupun bersepeda, mengukur jarak, selisih ketinggian bahkan detak jantung anda. Setelah semua data tersebut diperoleh maka kemudian dapat diupload ke sebuah catatan latihan anda atau map dengan cara online atau dapat juga kemudian membagikan hasil tersebut.

Memilih GPS Navigasi

Menurut fungsinya GPN navigasi terdapat beberapa macam antara lain GPS untuk mobil, GPS Handheld, GPS Untuk Kegiatan di Perairan, GPS Untuk Pesawat serta ada juga GPS untuk aktivitas olahraga. Sangat panjang jika harus membahas semua GPS navigasi tersebut satu-persatu. Dengan beragamnya jenis GPS navigasi dipasaran yang dapat mebingungkan kita untuk memilih GPS navigasi mana yang sesuai dengan kebutuhan kita maka berikut ini ada beberapa tips memilih GPS navigasi yang terbaik yang dapat anda gunakan saat mudik nanti :

  1. Cek Peta Terupdate/Terbaru
    Pastikan anda cek apakah GPS navigasi tersebut telah di update peta GPS terbaru. Karena semahal apapun spesifikasi GPS yang akan Anda beli, maka akan menjadi percuma apabila petanya tidak terupdate. GPS navigasi dengan update peta terbaru merupakan hal yang sangat penting karena selalu ada perkembangan jalan, pembangunan komplek perumahan, dan jalan pedesaan yang kemungkinan ada di jalur perjalanan anda..
  2. Software GPS Navigasi
    Langkah selajutnya memilih GPS navigasi yaitu mencari tahu apakah software yang digunakan pada GPS tersebut mudah untuk di update karena terdapat beberapa jenis software untuk GPS navigasi. Beberapa jenis software GPS Navigasi yang banyak digunakan di Indonesia adalah Tele Atlas, NAVTEQ atau Nav Net.
  3. Display/Layar LCD
    Kebanyakan GPS navigasi yang beredar sekarang telah dilengkapi dengan layar touchscreen. Jadi sesuaikan dengan ukuran layar GPS yang akan anda beli dan kebutuhannya karena semakin lebar layar GPS tentu akan semakin memudahkan anda ketika membaca peta.
    Beberapa pilihan ukuran screen GPS yang umumnya beredar di pasaran saat ini antara lain 3,5″, 4,3″, 5″ dan 7″. perhatikan juga resolusinya karena semakin tinggi resolusi maka akan semakin tajam gambar yang ditampikannya.
  4. Kelengkapan GPS
    Jika anda memilih GPS untuk mobil biasanya ketika membeli GPS untuk mobil tersebut telah dilengkapi dengan perangkat tambahan berupa bracket dan kabel charger. Di dalam kemasan GPS juga umumnya telah dilengkapi dengan aksesori berupa softcase, CD software, memory card dan kabel data.
  5. Antena Tansmitter Satelit
    Saat membeli GPS untuk mobil disarankan anda memilih yang dapat dilengkapi dengan antena luar. Hal ini dikarenakan GPS selalu memerlukan koneksi terhadap satelit. Karena itu jika semakin banyak koneksi satelit yang dapat terhubung dengan perangkat GPS navigasi untuk mobil, maka navigasi yang dihasilkan akan semakin baik dan akurat. Untuk hasil akurat sebaiknya diusahakan mendapat setidaknya minimal 9 koneksi satelit.
  6. Tampilan / User Interface
    Karena GPS navigasi digunakan ketika melakukan perjalanan maka pilihlah GPS navigasi yang pengoperasiannya mudah serta user friendly. Cobalah dulu dan pilih GPS navigasi dengan tampilan menu GPS yang mudah dibaca serta dioperasikan.

Jangan terburu-buru ketika memilih GPS Navigasi. Pilihlah dengan bijak dan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda. Semoga perjalanan mudik anda semakin nyaman dan menarik dengan membekali diri menggunakan GPS Navigasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 − thirteen =