Software Wajib Ringan Di Komputer

software wajib komputerSaat ini ada banyak software / aplikasi yang dapat kita gunakan dan kita download dari internet dengan mudah . Bahkan banyak freeware yang memiliki kemampuan setara dengan software berbayar sekalipun. Hal ini yang seringkali membuat kita tertarik untuk mencoba menginstall beragam software tersebut di komputer yang kita gunakan. Begitu banyaknya aplikasi atau software yang kita install di komputer kita bahkan ada yang belum tentu kita gunakan, namun pasti ada beberapa software wajib komputer kita. Dari beberapa software wajib di komputer kita tersebut sebaiknya kita sesuaikan dengan spesifikasi komputer kita. Tidak masalah jika komputer yang kita gunakan tersebut memiliki spesifikasi yang tinggi. Namun untuk yang memiliki spesifikasi komputer rendah atau sedang berikut beberapa software wajib komputer atau laptop dengan spesifikasi rendah :

  1. Anti Virus. Saat ini antivirus ada sangat banyak sekali baik yang free maupun berbayar, namun saya lebih memilih antivirus free yang terbaik daripada download antivirus bajakan. Untuk antivirus free terbaik dan ringan pilihan saya jatuh pada Avira dan Avast.
  2. Zip Manager. Software kompresi pasti mutlak dibutuhkan bahkan setiap sistem operasi pasti sudah menyertakannya secara default walaupun hanya bisa untuk ekstensi sip saja. Ada nama Winrar atau Winzip yang paling populer namun keduanya tidaklah softwar compression free. Untuk free compression software ringan ini saya memilih 7-Zip File Manager karena file installernya kecil dan ringan namun juga mendukung berbagai jenis file seperti iso, tgz, tar, dll
  3. Browser. Mungkin Firefox dari Mozilla adalah browser paling favorit dan banyak di gunakan di dunia, walaupun banyak juga survey yang menyatakan kalau Internet Explorer lah browser yang paling bnyak di gunakan karena mungkin sudah default dari Windowsnya sendiri. Namun untuk performance Firefox jauh lebih unggul. Untuk browser lainnya ada UC Browser dan Google Chrome yang dapat dijadikan pelengkap.
  4. Movie Player. Dari kesekian banyak pemutar film dan video pada umumnya sepertinya yang paling banyak peminatnya adalah K-Lite Media Player. Dilihat dari namanya memang movie player ini di desain untuk kecepatan dan performa yang ringan. Selain sebagai movie player yang ringan K-Lite juga sangat lengkap dengan codec sehingga dapat memutar banyak sekali jenis file video.
  5. Audio Player yang paling terkenal dan populer tampaknya dipegang oleh winamp sebagai audio player yang sangat terkenal dan banyak digunakan semenjak ada windows. Namun untuk audio player paling ringan menurut saya adalah Foobar2000 yang memiliki tampilan sangat sederhana namun sangat ergonomis. Sebenarnya skin nya juga banyak namun sepertinya tampilan defaultnya sudah lebih dari cukup untuk yang mengutamakan kecepatan dan performa yang ringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nineteen − 2 =