Sejarah Berdirinya Perusahaan Apple

Anda pasti sudah mengenal perangkat keras seperti iPhone, iPod dan iPad ketiga perangkat keras ini tercipta dari sebuah perusahaan bernama Apple yang sekarang menjadi raksasa industri IT, tahukah anda tentang sejarah berdirinya perusahaan apple ?

Perusahaan bernama apel ini berdiri pada 1 April 1976 di Cupertino, California dan kemudian disatukan pada 3 Januari 1977. dengan berbagai philosofi dan desain estetik pada kampanye penjualannya, perusahaan ini memliki reputasi yang unik dan menarik dalam dunia elektronik serta didukung oleh kesetiaan dari penggunanya sehingga membuat perusahaan Apple memiliki merek di Amerika Serikat. Dan kemudian majalah Fortune menjulukinya sebagai the most admired company di Amerika Serikat pada tahun 2008 dan kemudian mendunia pada tahun 2008, 2009, 2010 dan 2011. Tidak hanya itu Apple juga mendapatkan penobatan sebagai perusahaan yang baik mengalahkan Exxon, meskipun begitu perusahaan bernama Apple ini juga menerima banyak kritikan tajam oleh karyawannya tentang kontrak tenaga kerja, lingkungan dan praktek bisnisnya.

Pertama kali dalam sejarah berdirinya perusahaan apple hanya terdiri dari 3 orang yaitu Steve jobs, Steve Wozniak dan Ronald Wayne serta pada saat itu mereka menjual produk pertamanya yang dibuat oleh Wozniak yaitu computer kit Apple 1. Produk pertamanya ini diperkenalkan ke public pada perhelatan Homebrew Computer Club. Apple mulai berdiri sebagai perusahaan pada tanggal 3 Januari 1977 tanpa adanya Wayne yang kemudian menjual sahamnya pada Jobs dan Wozniak seharga $800.

sejarah berdirinya perusahaan apple

Apple 1 merupakan produk pertamanya yang dijual sebagai papan sirkuit terintegrasi dengan kekurangan fitur dasarnya pada keyboard, monitor dan sarungnya. Pengguna dari perangkat ini harus menambahkan keyboard dan sarung yang terbuat dari kayu. Produk pertamanya ini terjual pada bulan Juli dengan harga $666,66.

Dilanjutkan dengan produk keduanya yaitu Apple II yang diperkenalkan pada 16 April 1977 kepada West Coast Computer Faire. Apple II ini berbeda dengan Apple I dengan kelebihan memiliki character cell yang berwarna dan sudah berbentuk grafik serta pada saat itu banyak yang menggunakan model cassette tape sebagai media penyimpanannya.

Apple II dipilih menjadi desktop platform sebagai aplikasi mematikan dari bisnis dunia dengan program spreadsheet VisiCalc. Nah VisiCalc ini mampu menciptakan pasar bisnis untuk Apple II dan memberikan alasan mengapa mereka harus membelinya. Semakin kejar pesaingnya terciptalah Apple III pada Mei 1980 untuk menyaingi Microsoft dan IBM dibisnis pasar komputer.

Kemudian Steve Jobs mulai mengerjakan Apple Lisa pada tahun 1978 tetapi akhirnya pada tahun 1982 ia dikeluarkan dari tim Lisa karena berselisih pendapat dan digantikan dengan proyek komputer berbiaya rendah oleh Jef Raskin, Macintosh. Meskipun tanpa Jobs komputer Apple Lisa ini akhirnya memenangkan pertarungan tersebut pada tahun 1983 dan menjadi komputer pertama yang terjual ke publik dengan GUI (grafik user interface). Namun Apple Lisa ini menjadi produk gagal secara komersial karena harganya yang mahal dengan perangkat lunak yang sedikit.

Dan akhirnya disusul oleh Macintosh pertama dikeluarkan pada tahun 1984 yang kemudian dianggap sebagai master piece. Tapi ternyata Macintosh ini memiliki masalah yang sama dengan Apple Lisa hingga kemudian produk ini tidak begitu laku karena harganya tinggi serta sedikit perangkat lunaknya. Datanglah keberuntungan sejak diperkenalkannya software laserwriter dan pagemaker.

Macintosh portable bisa dianggap produk komputer portabel pertama apple yang dirilis tahun 1989. belajar dari kegagalan dan kesulitan akhirnya Apple bisa memperkenalkan produk barunya PowerBook ditahun 1991, marcintosh portable didesain hanya semata-mata mengutamakan desktop yang powerfull namun memiliki berat yang mencapai 7,5 kilogram dengan ketahanan baterai sampai 12 jam dan pada tahun yang sama appel juga memperkenalkan system 7, untuk upgrade operating system dengan penambahan warna pada interface dan memperkenalkan kemampuan jaringan terbaru. Itu yang menjadi dasar dari Mac OS hingga tahun 2001.

Tidak hanya itu apple pun merilis produk baru yaitu produk Newton yang pertama masuk ke pasar PDA dan walaupun gagal secara financial saat pelepasannya serta langkah pembuatan palm pilot yang merupakan langkah perintis hingga akhirnya apple memiliki iPhone dan iPad di kemudian hari.

Wajar jika saat ini apple saat ini begitu kuat dan banyak digunakan mengingat sejarah berdirinya perusahaan apple yang panjang dan penuh perjuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eighteen − seventeen =