Sebenarnya Apa Sih Wi-Fi itu?

Berkaca pada jaman modern saat ini, hampir rata rata smartphone memiliki fasilitas untuk bisa tersambung ke jaringan Wi-Fi. Padahal, dulunya, WiFi itu hanya diperuntukkan untuk notebook. WiFi yang sekarang bisa kita rasakan hampir disetiap jalan protokol Ibukota Negara Indonesia memiliki asal nama yang merupakan hasil keputusan Wireless Ethernet Compability Aliance yang memudahkan untuk penamaan IEEE 802.11, jaringan wireless saat itu (1999). Wifi yang bisa dinikmati sekarang adalah perkembangan WiFi pada zaman 1999 tersebut.

Apa Sih Wi-Fi

WiFi sendiri digunakan untuk akses jaringan antar komputer dan lebih sering digunakan untuk koneksi ke Internet. Sinyalnya dipancarkan oleh sebuah alat yang disebut Router. Wifi juga memiliki nama untuk mengidentifikasi jaringannya. Jadi jika di Bunderan HI menemukan Jakarta Bundaran HI, itu berarti jaringan tersebut milik Pemprov DKI Jakarta.

Menggunakan WiFi di tempat terbuka seperti WiFi di kota Jakarta juga memiliki resiko. Resiko tersebut bisa menjadi cukup besar dan memberi dampak yang sangat berbahaya jika kurang diperhatikan. Yang pasti, jangan gunakan jaringan umum seperti itu untuk membuka situs situs dengan data privasi. Ini karena data Anda bisa diambil begitu saja oleh orang lain yang memanfaatkan jaringan umum seperti itu.

Sama-sama memiliki jaringan yang bisa konek ke Internet dan dimiliki oleh sebuat smartphone, WiFi dan 3G memiliki satu perbedaan paling mendasar. Saat kita keluar dari batas dari jarak sebuah Hotspot, kita akan keluar dari layanan koneksi ke internet. Tapi tidak untuk ponsel yang menggunakan 3G. Selama memiliki pulsa untuk koneksi internet, smartphone masih dapat digunakan untuk ber-internet-an ria.

Kemampuan ponsel menangkap jaringan Wi-Fi juga berbeda beda. Jadi jangan kaget jika dalam waktu bersamaan iPhone lebih bisa digunakan untuk internet-an menggunakan jaringan WiFi daripada Blackberry 8310 karena tentu masing masing pabrikan sudah ditanami perangkat yang berbeda.

Walaupun sekarang Wi-Fi sudah dapat digunakan di hampir seluruh jalan besar di Jakarta, ingat untuk selalu gunakan fasilitas ini dengan bijak. Setiap orang memiliki hak untuk bisa melakukan apa saja, berbicara apa saja, berkomunikasi dengan siapa saja menggunakan fasilitas WiFi, namun akan lebih baik jika hal yang dilakukan, pembicaraan yang dibicarakan dan komunikasi yang sedang berlangsung merupakan hal hal yang memiliki nilai manfaat. Selamat berWiFi ria.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × three =