Root Android Pakai PC Dengan Aman

Bagi Anda yang selama ini sering mengotak-atik perangkat mobile tentu sudah sangat familiar dengan kata root ataupun kegiatan rooting Android. Meskipun demikian, ternyata masih ada juga yang belum memahami apa artinya rooting dan cara melakukannya. Oleh karena itu, pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai fungsi root Android dan cara root Android pakai PC dengan aman.

Sebelum kita melangkah lebih jauh, apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan root itu sendiri ? Agar tidak keliru, perlu saya sampaikan bahwa root pada dasarnya merupakan sebuah modifikasi yang dilakukan pada perangkat berbasis Android agar penggunanya lebih leluasa untuk mengakses semua file, command, serta system. Pengguna gadget biasanya melakukan rooting agar bisa mengoptimalisasi sistem pada perangkat Android miliknya.

Root Android Pakai PC Dengan Aman

Proses rooting memungkinkan para pengguna gadget Android untuk meng-explore semua sistem yang ada di dalam perangkat yang dimilikinya. Kalau pada linux mirip dengan dengan open source. Namun bukan berarti proses rooting selalu happy ending. Banyak pengguna yang malah dibuat bingung dan kesal karena smartphonenya menjadi error akibat salah langkah saat melakukan rooting.

Berbicara lebih lanjut tentang root, perlu diketahui bahwa umumnya smartphone berbasis Android memiliki beberapa dari file atau sistemnya memang bersifat locked, atau tidak bisa dibuka, yang mengakibatkan penggunanya tak memiliki ijin akses pada file-file tersebut. Nah, fungsi root Android ini adalah untuk meng-unlock file tersebut sehingga Anda bisa menjadi administrator, sehingga bebas untuk melakukan kustomisasi seperti untuk memaksimalkan kinerja Android, meng-overcloock prosesor bawaan, serta menghapus aplikasi bawaan Android yang tidak perlu. Fungsi lain dari root Android juga memungkinkan Anda untuk menjalankan aplikasi meskipun secara spesifikasi aplikasi tersebut tidak mendukung dijalankan di handset Android.

Hanya saja, rooting memiliki beberapa konsekuensi yang harus dihadapi nantinya berupa hilangnya garansi dari vendor ponsel Anda. Selain itu, jika fungsi dan cara root Android tidak dijalankan lewat langkah yang tepat dan aman akan mmengakibatkan kerusakan pada software ponsel Anda. Lebih parah lagi, jika rooting dilakukan dengan cara yang salah maka smartphone Anda bisa mati total akibat kesalahan sistem. Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui cara root Android dengan aman.

Root Android Pakai PC Dengan Aman

Cara root Android pakai PC dengan aman pada dasarnya terbagi menjadi dua langkah, yaitu menggunakan bantuan komputer PC dan tanpa menggunakan bantuan PC. Untuk artikel kali ini, saya hanya memfokuskan pembahasan kita pada cara root Android secara aman dengan menggunakan PC. Untuk lebih jelasnya akan saya sebutkan di bawah ini.

Root Android Pakai PC Dengan Aman

Melakukan root Android menggunakan PC hanya bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi root untuk Android, salah satunya adalah KingoRoot. Aplikasi root yang bisa diunduh gratis ini merupakan salah satu salah satu aplikasi paling popular untuk root melalui PC. Sebenarnya ada beberapa aplikasi root android lain seperti root android dengan iRoot atau Framaroot.

Setelah Anda selesai men-download aplikasi KingoRoot, sebaiknya cek dan pastikan kalau baterai smartphone Anda dalam kondisi full charged. Hal ini bertujuan agar smartphone Anda tidak mati saat proses rooting sedang berjalan. Sebab, Jika proses root berhenti di tengah jalan dapat mengakibatkan kegagalan sistem dan mengakibatkan software dan sistem rusak. Pastikan juga Anda sudah menghubungkan smartphone dan PC dengan menggunakan kabel USB yang kompatibel.

Setelah semua siap, selanjutnya tinggal membuka aplikasi KingoRoot lalu menekan tombol ‘Root’ yang terdapat di menu. Setelah itu proses root otomatis akan berjalan. Tunggu proses ini selesai berjalan selama beberapa menit. Selain tombol Root, appalikasi KingoRoot juga memiliki fungsi ‘Unroot’ yang akan mengembalikan smartphone Anda ke kondisi semula, seperti sebelum di-root.

Bagaimana, cara root Android pakai PC dengan aman cukup mudah bukan? Silahkan Anda mencoba langkah-langkah di atas jika Anda ingin me-root Android pada perangkat smartphone Anda secara aman. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × two =