Penyebab Kuota Internet Di Android Cepat Habis

Penyebab kuota internet di android cepat habis wajib Anda ketahui jika tidak ingin kehabisan kuota disaat yang sangat penting. Kehabisan kuota internet dapat menjadi sesuatu yang menakutkan untuk sebagian orang karena ketika kuota internet habis maka beberapa layanan di Android pun akan berhenti.

Ketika kuota internet telah habis maka anda tidak akan bisa lagi mengirimkan pesan menggunakan WhatsApp, Line, atau sekedar melihat media sosial.

Tanpa menggunakan koneksi data internet maka fasilitas hiburan secara online pun tak lagi dapat kita nikmati. Seperti halnnya YouTube, Game Online, dan music streaming menjadi tidak bisa lagi dilakukan. Sehingga Android kita seperti lumpuh total.

Walaupun saat ini beberapa operator seluler telah menyediakan layanan internet dengan paket unlimited namun tetap saja mempunyai keterbatasan karena begitu batas wajar penggunaan paket unlimited tersebut terpenuhi maka koneksi internet akan menjadi sangat lambat.

penyebab kuota internet di android cepat habis

Karena itu supaya tidak mengalami masalah dengan habisnya kuota internet, maka sebaiknya Anda merencanakan penggunaan data internet pada smartphone Android anda. Dengan mulai memperhatikan penggunaan seperti apakah yang dilakukan setiap harinya yang sangat berpengaruh terhadap jumlah konsumsi data internet.

Berikut merupakan 5 penyebab kuota internet di android cepat habis akan membuat android Anda lumpuh :

  1. Upload ke YouTube. Mengupload video ke YouTube menggunakan sangat banyak kuota internet. Tapi semua itu tergantung dari settingan yang digunakan oleh pengguna dan berbagai hal lain. File video dengan resolusi High-Definition (HD) akan lebih banyak menghabiskan kuota internet anda sampai dengan 200 MB / menit. Bayangkan saja jika setiap bulannya Anda mengupload beberapa video beresolusi HD dengan berdurasi 5 menit sedangkan kuota internet Anda hanya 500 MB per bulan. Tips untuk upload video ke Youtube sebaiknya hanya Anda anda lakukan ketika menggunakan jaringan WiFi saja.
  2. Video Chat. Melakukan Video Chat melalui Skype atau FaceTime termasuk sebuah aktifitas yang menguras banyak bandwidth. Hanya saja jumlah penggunaan tersebut masing-masing berbeda dan tergantung dengan aplikasi yang digunakan dan penggunaan resolusi video. Umumnya Video Chat akan menggunakan bandwidth sebesar 3 MB/menit. Apabila Anda ingin menghemat penggunaan data maka sebaiknya segera mengurangi obrolan dengan video.
  3. Game Online. Game online sejenis Two Dots atau Words With Friend sebenarnya tidak banyak menggunakan kuota internet. Kedua game tersebut cuma menggunakan beberapa KB saja setiap menit jadi tidak terlalu boros. Tapi untuk game sejenis real-time action, seperti Asphalt 8 atau Modern Combat 5: Blackout sangat berbeda karena kedua game tersebut akan menggunakan bandwith sebesar 1 MB per menit. Apalagi untuk durasi permainan yang panjang akan semakin menambah konsumsi data.
  4. Music Streaming. Fasilitas music streaming seperti Guvera atau Rdio memang sangat menyenangkan dan praktis karena kita dapat mendengarkan musik di mana saja selama tersedia koneksi internet. Sehingga tidak perlu menyimpan file musik tersebut ke dalam memori card. Tapi hal tersebut akan membuat konsumsi data menjadi membengkak. Perhitungannya jika Anda mendengarkan musik beresolusi 320 Kbps maka total kuota internet yang digunakan sebesar 2,4 MB per menit. Maka dalam satu jam Anda telah menghabiskan 115 MB.
  5. Video Streaming. Berbagai website layanan video streaming yang banyak tersedia saat ini semakin mempermudah orang untuk mendapat setiap trailer film terbaru, full movie, atau hanya sekadar video klip penyanyi favorit saja seperti YouTube, iTunes, Vimeo, dan Hulu. Tapi yang paling penting untuk anda ingat adalah bahwa video streaming tersebut merupakan kegiatan yang paling banyak menguras kuota internet. Hal ini dikarenakan konsumsi data yang digunakan oleh video streaming dapat mencapai hingga 50 MB per menit. Apalagi jika kuota internet yang Anda ginakan terbatas, dan Anda berkali-kali menonton video tersebut. Solusinya adalah dengan menyimpan file video secara offline dengan aplikasi Youtube.

Mungkin saja anda sering melakukan salah satu dari 5 penyebab kuota internet di Android cepat habis tersebut diatas yang akhirnya menyebabkan anda kehabisan kuota di saat sedang sangat dibutuhkan.

One thought on “Penyebab Kuota Internet Di Android Cepat Habis

  1. saya pakai 3 AON nih, awalnya di pake di modem, tapi akhir2 ini sy pakai di adrnoid syatapi ternyata dia g bisa masuk di luar 10 situs yang free itukalo buat download d google play store mesti bilangnya errorg mau d buat downloadpadahal kuota masi ada 500mb, tolong bantuanya donksaya nyaman banget pake 3

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eleven + twenty =