PC Anda Sering Hang Ini Solusinya

0
5
views

Apakah PC anda sering hang? Ada banyak penyebab yang menyebabkan PC menjadi macet atau lebih terkenal dengan istilah hang. Sama seperti manusia banyak faktor yang menyebabkan stress. Kalau manusia tidur sebentar atau refresing itu biasanya akan lekas pulih kondisinya. Namun berbeda dengan computer yang ada banyak factor yang harus di benahi mulai dari pengecekan peripheral dari system dan hardware yang ada di dalamnya. Atau ada beberapa virus yang menjangkiti dalam PC tersebut bisa menimbulkan adanya gangguan yang bisa membuat computer anda menjadi hang. Dan memerlukan pertolongan pertama untuk tidak berlanjut ke kerusakan yang parah. Jika anda adalah pengguna Windows maka sebaiknya komputer yang bagus adalah sering dilakukan disk defragment gunanya untuk dapat mengurangi kerusakan file pada computer anda. Di bawah ini adalah beberapa hal yang bisa membuat computer anda hang atau tidak bisa digunakan lagi dan cara penanganannya.

PC Anda Sering Hang Ini Solusinya

  1. Kipas macet/ tidak berfungsi pada prosesor
  2. Pasta kurang di prosesor dan fan
  3. Antivirus mati
  4. Gak pernah di defrag
  5. Cpu kotor

pc anda sering hang ini solusinya

Kipas Macet Tidak Berfungsi pada prosesor

Fan/ kipas pada prosesor gunanya sangat penting untuk menjaga prosesor dalam keadaan yang stabil. Bila kipas kita macet atau mati kemungkinan yang terjadi adalah computer sering hang dan tidak bisa digunakan kembali. Prosesor bisa kebakar dan PSU menjadi konslet. Semua peripheral jadi menjadi rusak dan akhirnya memerlukan perbaikan dimana malah menjadi banyak uang yang harus di keluarkan. Kalau anda sering mengalami hal ini tentu anda harus berhati-hati dan mengeceknya dengan berkala.

Pasta habis pada prosesor dan fan

Pasta gunanya sangat penting untuk prosesor. Jangan gunakan pasta gigi pada fan atau prosesor karena itu akan cepat untuk mengering dan memang bukan peruntukannya. Diwajibkan menggunakan pasta prosesor yang aman digunakan untuk pendingin dan harganya juga murah sangat rekomended bagi yang komputernya memiliki processor cepat panas. Contohnya seperti AMD yang memerlukan pendinginan ekstra ketika bermain game atau melakukan hal yang berat.

Antivirus mati

Antivirus adalah pengawas yang menyaring semua yang masuk ke dalam komputer. Mungkin bila tidak ada antivirus bisa dibilang semuanya akan menjadi percuma. File akan mudah terinfeksi virus dan menyebabkan komputer anda kerjanya menjadi berat, setelah berat akan berimbas ke hal lain seperti periperal memerlukan kerja ekstra untuk dapat menetralisirnya. Belum lagi kehilangan data penting yang pastinya sangat berharga bagi anda.

Tidak pernah di defrag

Defragmentation adalah sebuah program bawaan dari windows. Gunanya adalah memmulihkan / menata kembali cluster-cluster yang ada pada HDD menjadi kembali rapi kembali sehingga komputer kita menjadi nyaman kembali dan responsif saat digunakan. Dengan begitu maka juga akan membuat peripheral kita menjadi lebih untuk di gunakan dalam jangka panjang.

Casing CPU kotor

Pernah lihat gak, casing CPU yang banyak dengan kotoran hewan yang bisa menyebabkan terhambatnya komputer yang bisa menyebabkan hang? Jika itu yang terjadi pada dalaman komputer anda maka anda perlu untuk merawatnya untuk lebih baik. Jangan biarkan komputer anda di kotori oleh aktifitas hewan yang ada didalamnya.

Dan itu saja kesimpulannya jika PC anda sering hang maka lakukan perintah yang sama kaya diatas supaya komputer anda awet digunakan bisa sampai bertahun tahun dan sukur dapat digunakan untuk anak cucu kita nanti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × 3 =