OFRIS – Deep Freeze Di Linux

deep freeze di linuxOfris merupakan aplikasi (atau lebih tepatnya berupa script) yang berguna untuk mengunci sistem (freeze). Atau dengan kata lain Ofris merupakan aplikasi deep freeze di linux. Bagi para pengguna Windows  mungkin sudah tidak asing lagi dengan Deep Freeze yang telah banyak digunakan oleh kebanyakan pengusaha warnet atau pengelola lab sekolah dan kampus.

Aplikasi buatan Muhammad Faruq Nuruddinsyah ini berjalan pada modus terminal. Kita bisa mengunci sistem agar perubahan yang terjadi bisa kita kembalikan dengan me-restart sistem.  Untuk menggunakan Ofris sebagai deep freeze di linux pertama kali adalah dengan menginstallnya dulu dengan cara menambahkan alamat tersebut pada repositori :

sudo add-apt-repository ppa:tldm217/tahutek.net
sudo apt-get update
sudo apt-get install ofris

Sesudah terinstall selanjutnya cukup ketik “ofris” (tanpa tanda petik) di Terminal, maka akan muncul pilihan seperti gambar seperti diatas. Ketik nomor yang sesuai lalu tekan “Enter”.
Catatan: Ofris hanya bisa dijalankan oleh user yang memiliki hak untuk “Administer the System”. Untuk memberi hak ini kepada user bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  1. Login ke User Administrator
  2. Buka menu : ‘System’ > ‘Administration’ > ‘Users and Groups’
  3. Pada jendela User Settings, klik tombol ‘Unlock’, lalu masukkan password User Administrator
  4. Pilih User yang Anda inginkan, lalu klik tombol ‘Properties’
  5. Setelah itu klik tab ‘User Privileges’ dan berikan tanda centang pada ‘Administer the system’
  6. Tekan tombol ‘OK’ dan tutup jendela User Settings

Tentunya fungsi Ofris deep freeze di linux dapat membantu para administrator yang mengelola banyak komputer linux baik di perkantoran, sekaolah ataupun warnet.

Tags :

ofris,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × three =