Multiboot OS Dari USB

multiboot osMungkin anda telah mengetahui bahkan menggunakan aplikasi untuk membakar iso linux live di USB Flashdisk seperti Unetbootin, namun Unetbootin hanya dapat membakar 1 jenis iso linux. Lalu bagaimana jika menginginkan banyak versi linux di dalam 1 USB Flashdisk atau istilahnya Multiboot OS.  Siapkan saja USB yang memiliki kapasitas besar lalu siapkan beberapa iso linux selanjutnya install aplikasi ajaib bernama MultiSystem.
Multisistem adalah sebuah tool luar biasa yang diciptakan oleh LiveUSB.info, yang bekerja sama dengan pencipta Windows MultiBootISOs USB, tetapi diciptakan untuk dapat dipergunakan dalam Linux. Tool ini juga menggunakan grub2 bukan Grub Legacy, kali ini Multisystem akan dijalankan dari dalam Ubuntu Linux untuk membuat Custom Multiboot UFD berisi Bootable Distribusi Linux Live .
Berikut caranya membuat Multiboot OS dengan Multisystem:
1. Download Multisystem dari
http://liveusb.info/multisystem/install-depot-multisystem.sh.tar.bz2
2. Extrak lalu jalankan file installer :
install-depot-multisystem.sh
3. Untuk mulai menggunakannya masukkan USB drive lalu jalankan Applications > Accessories > MultiBoot. Lalu pilih USB Device dari list dan klik  Validate. multiboot os4. Sekarang hanya Drag dan Drop ISO ke jendela untuk menambahkan Distribusi Linux (ulangi proses untuk menambahkan ISO yang lainnya)
multiboot os5. Pembuatan Multiboot OS dengan Multisystem sudah selesai. Silahkan boot PC / Notebook dengan boot priority dari USB Flashdisk. multiboot os

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × 2 =