Merawat Hardisk Laptop Sedini Mungkin

Merawat hardisk laptop merupakan hal wajib namun seringkali diabaikan oleh para pemilik laptop atau netbook. Bahkan tidak hanya pada laptop saja namun para pengguna personal komputer juga wajib melakukannya. Hal ini dikarenakan hardisk merupakan bagian yang sangat penting dalam sebuah perangkat komputer atau laptop. Mungkin anda belum menyadarinya dan menganggap hardisk tidak ubahnya seperti peripheral lainnya dalam komputer. Namun ketika anda menggunakan hardisk laptop tersebut untuk menyimpan data yang penting seperti skripsi, thesis, dokumen perusahaan dan sejenisnya, maka jika suatu saat hardisk laptop tersebut bermasalah, disinilah anda akan menyadari bahwa data yang tersimpan dalam hardisk laptop tersebut jauh lebih bernilai dibandingkan laptop itu sendiri. Karena itu sangat perlu untuk menjaga dan merawat hardisk laptop ini agar tetap awet.

Merawat hardisk laptop sedini mungkin

merawat hardisk laptop

Hindari mematikan laptop tanpa melalui shutdown

Jika anda pernah mengikuti pelajaran atau kursus komputer pasti pernah diajari cara mematikan computer secara benar. Tidak sedikit pengguna yang pernah mematikan laptop secara paksa dengan langsung memutus aliran listrik atau menekan lama tombol power. Cara mematikan komputer seperti ini wajib untuk dihindari karena hardisk yang sedang berputar dan menulis atau membaca file akan mendadak mati. Hal ini akan berdampak buruk terhadap komponen di dalam hardisk.

Hindari guncangan pada laptop

Sebagai perangkat yang di rancang untuk mobile maka laptop rentan menerima guncangan atau benturan. Karena itu jaga laptop anda supaya tidak menerima benturan atau guncangan. Hal ini selain menjaga hadisk juga akan menjaga hardware lain di dalam laptop anda.

Hindari menyimpan file sampai hardisk penuh

Hampir semua system operasi untuk keperluan desktop seperti Windows dan Linux memungkinkan pengguna untuk mempartisi hardisknya. Karena itu buatlah partisi pada hardisk laptop anda. Selain akan mengurangi beban kerja hardisk juga akan membantu anda mengelola file menjadi lebih mudah. Jangan menyimpan file di drive C atau tempat yang sama dengan system operasi apalagi hingga hardisk penuh. Hal ini dapat menurunkan kinerja komputer karena perangkat akan kekurangan ruang memori. Selain itu jika hardisk laptop anda terkena virus maka file penting di drive C tidak ikut terformat dalam proses install ulang sisitem operasi.

merawat hardisk laptop

Gunakan fasilitas Defragment

Defragment merupakan fasilitas yang dapat anda gunakan untuk merawat hardisk laptop. Manfaatkan fasilitas ini secara serutin dalam satu atau dua bulan sekali. Tujuannya adalah untuk menghindari fragmentasi yang dapat mengganggu performa hardisk laptop.

Jangan menggunakan laptop di atas kasur

Menggunakan laptop di atas kasur atau permukaan yang sejenisnya akan akan menyebabkan laptop tidak mampu membuang panas di dalamnya. Suhu tinggi yang berlebihan ini dikhawatirkan akan menyebabkan hardisk laptop anda cepat rusak.

Selalu backup data anda

Untuk menghindari kerusakan hardisk laptop sewaktu-waktu sebaiknya anda selalu rutin membackup data dan file anda. Anda dapat memanfaatkan hardisk external atau cloud storage terbaik seperti google drive atau drop box.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

13 − 3 =