Merawat Handphone Android Dengan Mudah

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Saat ini dimanapun dan kapanpun kita berada pasti selalu menemui orang yang sedang asyik dengan perangkat Android terutama handphone Android. Dan memang saat ini Handphone Android merupakan handphone yang sedang ngetren dan paling banyak diminati. Dengan Operasi sistem Android maka handphone ini dapat di kembangkan dan memiliki banyak fungsi serta fasilitas dengan berbagai aplikasi yang tak terbatas untuk dibuat sesuai dengan kebutuhan. Karena itu wajar jika kemudian banyak sekali pengguna handphone yang kemudian beralih ke handphone Android. Namun seperti umumnya perangkat elektronik dan umumnya handphone maka yang perlu kita pahami adalah bagaimana cara menggunakan android dan cara merawat handphone android supaya memiliki umur yang panjang dan tidak cepat menurun performanya. Mengingat banyak sekali handphone android yang hanya dlam beberapa kali penggunaan namun sudah ada timbul berbagai masalah, seperti kinerjanya yang menurun, baterai yang lebih cepat habis, kuota internet yang boros, dan berbagai masalah android lain pada umumnya. Berikut dibawah adalah beberapa cara merawat handphone android dengan mudah yang dapat anda lakukan sendiri :

Merawat Handphone Android

Cara Merawat LCD Android

  • Gunakanlah screen protector atau lapisan anti gores. Langkah tersebut sangat penting mengingat LCD android adalah komponen handphone Android yang paling lebar dan paling sering berinteraksi dengan berbagai benda dan tangan yang menyentuh keLCD handphone. Dengan memasang screen protector di LCD android maka akan lebih aman terhadap goresan.
  • Jauhkan handphone Android anda terhadap benda yang mengandung medan magnet seperti radio, televisi, dan benda-benda yang memiliki medan magnet kuat lainnya.
  • Gunakan LCD android anda dengan menggunakan telunjuk bukan menggunakan kuku tangan anda karena ini akan mengakibatkan LCD tergores.
  • Simpan Handphone Android pada tempat yang tidak terkena cahaya matahari secara langsung, karena hal ini bisa menurunkan kualitas LCD handphone anda.
  • LCD handphone Android saat ini hampir semuanya sudah menggunakan tipe LCD capacitive jadi tidak perlu menekan LCD LCD terlalu kuat seperti menggunakan LCD resititive.
  • Jangan menyimpan handphone android anda dalam tempat yang terjepit yang akan mengakibatkan LCD handphone tertekan, seperti dalam celana ketat atau bahkan saku belakang celana, karena ini dapat berpengaruh pada LCD handphone android apalagi kalau sampai kedudukan.

Cara Merawat Body Android

  • Gunakan bahan pelindung handphone supaya handphone lebih aman dari berbagai kemungkinan kerusakan seperti benturan, panas, percikan air, debu dan sebagainya. Untuk casing tambahan sebaiknya anda menggunakan softcase dibandingkan hardcase, karena softcase lebih mampu meredam benturan dan tidak menggores body casing seperti hardcase yang keras dan kaku.
  • Bersihkan Android secara berskala. Bersihkan dari debu-debu yang menempel pada android seserinf mungkin dengan menggunakan kain halus. Lakukan secara hati-hati supaya casing android tetap utuh dan tidak tergores.
  • Simpan Handphone Android pada tempat yang aman dan terhindar dari berbagai benturan dengan benda lain.
  • Jaga handphone android dari air karena seperti umumnya perangkat elektronik lainnya, air merupakan musuh utama bagi handphone android, walaupun saat ini telah ada beberapa merk Handphone Android yang anti air bahkan dapat digunakan di dalam air. Namun untuk umumnya perangkat Android masih sangat rentan dan akan rusak bila terkena air. Apabila android terkena air maka akan menyebabkan konsleting sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada hardwarenya. Jadi jauhkan android dari tempat yang berpotensi terkena air.
  • Jangan terlalu sering menggunakan aplikasi android yang berat seperti game. Terlalu sering bermain game di android dapat berpengaruh pada baterai. Masih mending kalau baterai menggelembung masih dapat di ganti yang baru, tapi kalau sampai IC Flashnya yang terkena imbasnya maka akan menyebabkan android mati total.
  • Jauhkan dari jangkauan anak-anak. Anda pasti tahu sendiri kan apa yang akan dialami oleh handphone android jika dipakai oleh anak-anak ?

Cara Merawat Baterai Android

  • Usahakan ketika sedang mengisi baterai jangan sambil menggunakan handphone android anda karena akan mengakibatkan baterai lama penuh dan panas yang berujung pada rusaknya baterai.
  • Jika baterai sudah menggelembung sebaiknya segera untuk mengganti baterai karena kalau dipaksakan akan dapat merusak Androidnya juga pada bagian IC powernya. Usahakan hanya menggunakan baterai yang berkualitas tinggi walaupun tidak asli.
  • Charge baterai sampai penuh hingga 100% baru digunakan seperti biasa.
  • Gunakan handphone Android hingga kapasitas baterai sekitar minimal 20% lalu di charge kembali.

Merawat Software dan Aplikasi Android

  • Jangan terlalu banyak menginstal aplikasi terutama untuk handphone Android kelas Low End, apalagi yang memory internalnya hanya sedikit karena akan menyebabkan handphone android menjadi super lemot. Pilih dan install aplikasi yang paling sering digunakan saja.
  • Terlalu banyak menginstall apliksi juga dapat menyebabkan RAM menjadi sering penuh. Inilah salah satu penyebab utama handphone android menjadi lambat bahkan macet. Biasanya aplikasi BBM menjadi penyebab habisnya RAM android.
  • Download aplikasi resmi hanya dari Playstore saja. Dari luar playstore sebenarnya juga boleh namun pastikan aplikasi yang di download tersebut benar-benar aman dan bersih dari program jahat.
  • Selalu backup data-data penting anda, kalau mau enak bisa menggunakan online storage seperti Dropbox jadi tinggal upload saja dari android anda untuk melakukan backup.
  • Jika memang tidak diperlukan sebaiknya tidak perlu melakukan root android karena dapat berpotensi mengganggu software android bawaan.

Semua cara merawat handphone android diatas dapat kita lakukan sendiri karena memang hanya kita saja yang paling sering menggunakan handphone android kita. Asal dijaga dan dirawat serta digunakan secara wajar tentunya handphone android akan awet tanpa perlu sering-sering ganti handphone.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *