Mengatasi Mozilla Firefox Yang Lambat

Mozilla Firefox merupakan sebuah aplikasi browser yang sangat terkenal karena hampir semua pengguna komputer menggunakan Mozilla firefox untuk melakukan aktifitas browsingnya. Mozilla Firefox sendiri merupakan sebuah aplikasi browser yang mudah digunakan, ringan dan memiliki banyak sekali fitur dan add on yang disediakan gratis untuk memanjakan para penggunanya. Dan support dari pihak developernyapun tak pernah berhenti dan selalu menghadirkan hal-hal baru untuk lebih memanjakan para penggunanya berselancar di Internet. Berselancar di dunia maya adalah sebuah tren baru akhir-akhir ini, baik untuk mencari informasi, untuk berbisnis atau sekedar menghabiskan waktu dilakukan di internet. Hal ini menyebabkan penggunaan aplikasi browser yang kita pakai semakin lama akan semakin terasa lambat. Dan hal ini tentu akan membuat anda merasa sangat terganggu, apalagi jika sedang asik berinternet ria tentu akan menghilangkan kesenangan anda bukan. Alasan ini yang kemudian membuat banyak pengguna ingin tahu bagaimana mengatasi Mozilla Firefox yang lambat.

mengatasi Mozilla Firefox yang lambat

Melambatnya aplikasi browser bukan semata-mata disebabkan oleh aplikasi browser yang jelek , namun ada banyak sekali faktor penyebabnya, seperti :

  • Koneksi internet yang lambat
  • Komputer yang mulai panas
  • History dan chace yang sudah menumpuk menjadi junk
  • Add on terlalu banyak padahal tidak berguna
  • Dan masih banyak lagi

Beberapa hal diatas adalah berbagai sumber penyebab aplikasi browser anda akan terasa lebih lambat, namun hal ini dapat kita siasati dengan beberapa langkah mudah berikut ini untuk mengatasi Mozilla Firefox yang lambat :

  1. Periksa koneksi internet anda apakah memang berkurang kecepatannya atau sudah habis kuotanya. Jika masih ada, coba lakukan ping ke google.com (pilih “run” kemudian tulis “ping google.com -t” dan enter). Langkah ini adalah yang kerap saya lakukan jika koneksi internet mulai lambat.
  2. Cek jika anda menggunakan PC cek pada CPU anda apakah CPU mulai panas, Jika menggunakan laptop akan lebih terasa dan bunyi kipas akan semakin kencang. Hal ini terjadi karena Komputer anda sudah bekerja terlalu keras atau sudah terlalu lama. Sebaiknya istirahatkan dahulu dengan mematikannya dan menunggu beberapa menit hingga komputer anda kembali dingin.
  3. Jika bujan karena kedua masalah diatas, coba hapus chace dan history pada browser anda, karena chache yang sudah terlalu banyak akan menyebabkan aplikasi browser bekerja lebih keras untuk membaca data karena terlalu banyak. Caranya masuk menu “options” pilih tab “privasy” kemudian temukan link “clear your recent history” dan “remove individual cookies”.
  4. Periksa apakah add on yang terinstal pada browser anda bekerja dengan baik. Dan apakah add on yang ada benar-benar hasil dari instalan anda sendiri. Karena sekarang ini ada banyak sekali aplikasi sampah yang memaksa masuk ke system kita melalui kelalaian pengguna di internet. Aplikasi tersebut menyelinap masuk melalui link download dan tanpa sengaja user akan menginstal aplikasi tersebut tanpa sadar. Dan yang merepotkan adalah aplikasi tersebut akan mengambil alih hak kita pada aplikasi browser yang kita memiliki dengan mengganti search engine yang ada dan yang lebih parahnya adalah menampilkan iklan-iklan yang mengganggu di browser kita dan membuat browser kita menjadi lebih lambat. Untuk mengatasinya kita hanya perlu meremove aplikasi tersebut, buka menu add on, pilih extension dan hapus add on yang tidak berguna di browser anda.

Cara mengatasi Mozilla Firefox yang lambat juga dapat digunakan pada beberapa browser internet yang lain pada umumnya hanya saja mungkin letak menunya saja yang berbeda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seven − 6 =