Mengatasi Internet Android Tidak Konek

Koneksi internet pada android menjadi sesuatu yang sangat penting supaya handphone android atau gadget android berfungsi maksimal, bahkan internet Android tidak konek dapat membuat fungsi utama dari android seolah lumpuh. Sebenarnya ada banyak penyebab internet Android tidak konek antara lain sebagai berikut :

internet Android tidak konek

  • Kuota internet habis. Seringkali hal seperti inilah yang paling sering dialami mengingat banyak yang lupa kapan terakhir kali mengaktifkan paket data internet dan sudah berapa banyak penggunaannya. Bahkan untuk pengguna koneksi internet unlimited di android pun masih sering mengalami karena lupa kapan masa aktif paket internet unlimited mereka berakhir.
  • Koneksi internet Android bermasalah. Jika sudah melakukan cek dan ternyata kuota dan masa aktif internet belum habis namun internet Android tidak konek maka kemungkinan besar perangkat android tersebut sedang bermasalah. Untuk kasus seperti ini biasanya dapat diselesaikan dengan cara merestart atau reboot android supaya koneksi internet kembali lancar.
  • Gangguan operator selluler. Jika internet Android tidak konek yang dikarenakan oleh gangguan operator maka biasanya kita akan kesulitan ketika akan mengakses menu layanan operator seperti *123# dan sebagainya. Untuk kasus seperti ini anda bisa tanyakan kepada teman anda yang menggunakan operator yang sama apakah mengalami kendala yang sama.

Beberapa kasus internet Android tidak konek diatas mungkin sedikit berbeda penyelesaiannya jika memang perangkat android anda masih baru dan belum disetting jaringan internet di androidnya. Walaupun kebanyakan smartphone android sudah secara otomatis dapat mendeteksi kartu SIM yang digunakan yang kemudian menyesuaikan settingan internetnya, namun tidak ada salahnya jika anda cek kembali settingan internet di android anda karena siapa tahu android anda gagal untuk melakukan setting koneksi internet secara otomatis sesuai operator yang anda gunakan. Untuk anda yang mengalami kesulitan tentang bagaimana melakukan setting internet di Android, dapat mengikuti beberapa langkah dibawah sebagai berikut walaupun mungkin tampilan dan tahapan menunya tidak sama persis, namun pada prinsipnya sama tidak jauh berbeda :

– Masuk ke menu setting -> Wireless Control -> Mobile Network -> Acces Point Name
– Tekan tombol menu – pilih “New APN”
– Isi kolom yang ada
– Sebagai contoh, pengisian untuk kartu dari Telkomsel (Simpati & Kartu AS)
Name: Apa saja, misalnya “Telkomsel”
APN : telkomsel
Proxy : biarkan saja
Port: biarkan
Username : wap
password : wap123
– parameter lain abaikan saja
– Jika sudah selesai akses kembali “menu” kemudian piliha “Save APN”.

Setelah selesai melakukan setting koneksi internet sesuai langkah diatas sebaiknya anda merestart Android anda terlebih dahulu. Semoga koneksi anda selalu lancar dengan mengetahui beberapa penyebab dan solusi jika anda mengalami internet Android tidak konek.

Tags :

koneksi internet android bermasalah,koneksi internet bermasalah pada android,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

sixteen + twenty =