Mengamankan Password dengan Keepass

mengamankan passwordMembuat password yang kuat dan sulit dibobol sudah menjadi hal yang wajib untuk mengamankan password account atau dokumen yang sangat penting dan rahasia. Seringkali cara membuat password yang aman adalah dengan membedakan password pada setiap dokumen atau akun kita bahkan dengan membuat password menggunakan karakter yang sulit dibaca atau diingat. Cara tersebut memang terbukti aman dan efektif mengatasi bobolnya password yang dibuat namun membuat kita kesulitan untuk melakukan manajemen karena password tersebut sulit diingat apalagi berbeda untuk masing-masing dokumen atau account.

Untuk melakukan manajemen password dan sejenisnya ada sebuah software atau aplikasi bernama Keepass untuk membantu kita mengamankan password dengan cara mengingat dan mencatat semua password tersebut dengan aman. Cara kerja dan menggunakan Keepass sangat simple yaitu dengan mencatat dan menyimpan semua password, username, alamat website dan sebagainya sesuai dengan kelompok atau categorynya. Setelah semua informasi login dan password kita simpan di Keepass maka kita hanya perlu mengingat satu password saja yaitu password untuk membuka Keepas tersebut. Begitu kita bisa login ke software Keepass tersebut maka kita bisa melihat dan mengelola semua password kita dengan aman.

Keepass bisa di download disini http://keepass.info . Sedangkan untuk versi Keepass sendiri saya lebih memilih Keepass versi 1.xx daripada yang Keepass versi 2.xx karena di Keepass versi 1.xx kita dapat menggunakannya tanpa perlu menginstall .Net terlebih dahulu bahkan untuk Keepass 1.xx tersedia versi portable sehingga dapat disimpan di flashdisk untuk memudahkan kita mengamankan password.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fourteen + eleven =