Cara Mengamankan Facebook Kita

1
1
views

cara mengamankan facebook kitaBeberapa waktu lalu telah kita dengar berita tentang kriminal di Facebook, mungkin artikel ini akan sedikit membantu kita untuk cara mengamankan facebook kita dari orang yang tidak kita inginkan. Pada saat Facebook memunculkan rekomendasi pengaturannya, maka mungkin Anda termasuk dalam settingan aman. Tapi kalau Anda cuma memilih pengaturan yang dianjurkan Facebook, maka ada baiknya Anda melihat lagi informasi apa saja yang bisa dilihat orang dengan pengaturan itu.

Tahap pertama cara mengamankan facebook kita adalah mengarahkan mouse ke menu Setting/Pengaturan di kanan atas, maka akan muncul daftar, lalu klik Privacy Setting/Pengaturan Privasi dari daftar tersebut. Lalu coba periksa tiga hal berikut dalam pengaturan yang muncul.

  • Siapa yang bisa melihat hal-hal yang anda kemukakan (status, foto, video, dan lainnya). Dalam menu ini, point pertamanya adalah Profile Information/Informasi Profil, klik bagian itu. Di halaman selanjutnya, carilah Posts by Me/Kiriman dari Saya. Ini bagian yang mengendalikan segala update status, pranala, catatan/notes, foto, dan video. Ada baiknya anda mengubah pengaturannya menjadi Hanya Teman/Only Friends daripada Semua Orang/Everyone, sehingga benar-benar hanya orang-orang yang telah anda setujui menjadi teman yang bisa melihat perkembangan profil anda. Ingat bahwa pengaturan ‘Semua Orang’ berarti benar-benar semua orang yang memakai internet bisa saja menemukan informasi tersebut. Sementara setting Friends of Friends/Teman dari Teman agak lebih meyakinkan, tapi kalau jumlah teman anda cukup banyak maka bisa saja informasi anda tersedia untuk ribuan orang yang tak anda kenal.
  • Data pribadi. Masih pada bagian Informasi Profil, lihatlah item ke-tiga, ke-empat, dan ke-lima, yaitu: birthday/tanggal lahir, religious and political views/kepercayaan dan pandangan politik, dan family and relationship/keluarga dan hubungan. Ketiga data ini sensitif, terutama tanggal lahir, karena data ini seringkali menjadi data untuk verifikasi identitas (contoh: untuk beberapa layanan perbankan lewat telepon). Jika anda menggunakan standar Facebook dari Desember lalu, maka ketiga data ini bisa dilihat semua orang. Ada baiknya anda juga mengubah ini menjadi Hanya Teman/Only Friends untuk alasan yang sama seperti sebelumnya.
  • Apakah Google bisa melihat data di Facebook? Kembali ke halaman Pengaturan Privasi/Privacy Setting, klik Pencarian/Search, yaitu item ke-empat. Memang Facebook pernah mengeluarkan pernyataan bahwa Facebook tidak meneruskan informasi ke Google, dan bahwa orang yang mencari nama pengguna Facebook di Google hanya akan diarahkan ke halaman profil pengguna itu, dan hanya diperlihatkan informasi mendasar saja. Ini memang benar tapi harus anda lihat juga informasi mendasar yang muncul itu apa saja. Item ke-dua di halaman ini, Public Search Result/Hasil Pencarian Umum, memiliki kotak centang di kanan yang bertuliskan “Izinkan/Allow”. Ada baiknya anda hapus centang pada kotak itu. Kalau anda mau membandingkan hasilnya maka coba saja klik di pranala “Lihat pratayang/See preview” di sekitar akhir penjelasan item ke-dua itu. Pranala itu bisa menunjukkan seperti apa tampilan profile yang muncul bagi orang yang sama sekali bukan teman anda di Facebook tapi menemukan halaman profil anda lewat fitur pencarian Google. Bisa anda bandingkan bedanya tampilan ini bila kotak Izinkan tadi dicentang atau tidak.

Proses pengaturan diatas sebenarnya cuma memakan waktu lima menit. Jadi jangan tunggu sampai ada kejadian buruk baru anda mengamankan informasi tentang anda. Dan cara mengamankan facebook kita yang paling penting adalah menjaga password anda agar jangan sampai ada orang lain yang tahu.

Tags :

apakah video call facebook bisa dilihat orang lain,

1 KOMENTAR

  1. Kami menyukai tampilan website anda dengan materi yang dibahas di dalamnya. Kami akan kunjungi beberapa waktu lagi untuk melihat informasi baru dari anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fourteen − ten =