Mendeteksi File Virus APK Android

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Virus APK Android saat ini telah banyak disisipkan ke dalam package APK yang banyak bertebaran di internet untuk di download. File .apk dapat diperoleh tidak hanya dari Play Store saja namun juga bisa dari internet, email, Flashdisk, transfer antar teman atau sebagainya.

Bahkan tidak hanya file .apk yang beredar luas pada banyak website di internet, namun file .apk yang berada di Play Store saja dapat dengan mudah disisipkan virus atau malware (malicious software) di dalam APK tersebut.

Menurut sebuah data menunjukkan bahwea Prosentase apk yang terinfeksi virus di Play Store telah meningkat dari 2,7 % pada tahun 2011 menjadi 12,7 % pada tahun 2013 atau kira-kira saat ini jumlahnya telah mencapai lebih dari 42.000 pada tahun 2013.

Virus APK Android

Dari beragam jenis aplikasi yang ada, peringkat kategori aplikasi yang mengandung malware paling banyak yaitu :

  • Personalisation
  • Entertainment.
  • Education/Books.
  • Media/Audio Video.
  • Sports.

Kalau aplikasi di Play Store saja yang jelas diawasi oleh Google dapat mengandung malware, maka dapat dibayangkan bagaimana dengan aplikasi yang terdapat di luar Play Store, tentu akan jauh lebih berbahaya serta berpotensi lebih besar terdapat malware.

Bahkan jika pembuat aplikasi android menginginkan maka aplikasi yang awalnya tidak terdapat virus sekalipun dapat menjadi mengandung virus android karena aplikasi tersebut akan dengan teratur melakukan update sehingga virus tersebut dapat saja dikirim melalui update apps. Karena itu menjadi sesuatu yang penting bagi kita untuk hanya menggunakan penyedia aplikasi yang terpercaya.

Namun apabila memang karena sebuah alasan tertentu yang menjadikan Anda untuk menginstal aplikasi android dari luar Play Store sebaiknya lakukan langkah mendeteksi file virus APK Android terlebih dahulu menggunakan antivirus android terbaik.

Sedangkan langkah untuk mengamankan smartphone Android, berikut beberapa tips yang dapat dilakukan seperti :

  1. Selalu lakukan pengecekan dan cari informasi terhadap kredibilitas pembuat aplikasi tersebut. Cari dan baca review, cek reputasinya dan pastikan untuk selalu membaca “apps permission” saat menginstall. Misalnya untuk aplikasi alarm maka tidak perlu diberikan akses pada daftar kontak Anda. Perlu diperhatikan bahwa dengan makin banyak hak yang diminta aplikasi tersebut, maka Anda harus semakin curiga.
  2. Hindari menginstal file .apk yang diperoleh dari luar Play Store. Setidaknya langkah ini dapar mengurangi resiko memperoleh file virus APK android.
  3. Sebaiknya lengkapi android anda dengan antivirus android terbaik seperti Avast yang dapat anda baca di artikel sebelumnya tentang memilih antivirus android gratis terbaik.

Dengan mendeteksi file virus APK android sebelum melakukan instalasi aplikasi android maka akan mengurangi resiko android anda terinfeksi virus

Tags :

cara mendeteksi virus di file apk,
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *