Membuat Password Lebih Baik

membuat passwordSaat kita menggunakan komputer maka kita akan sering berhubungan dengan yang namanya password. Apalagi saat kita mengakses internet maka penggunaan password menjadi sangat mutlak dengan menggunakannya untuk account login Email, social networking seperti halnya Facebook – Twitter, dan banyak account lain. Hal ini menjadi sangat penting dikarenakan dengan berbagai upaya maka password account kita akan dapat ditembus oleh pihak luar yang akan dengan mudah mencuri informasi dari kita bahkan menyalahgunakan nya.

Pada dasarnya Password merupakan salah satu cara untuk mengamankan suatu sistem komputer. Sistem komputer tersebut dapat berupa aplikasi, database ataupun sistem operasi. Oleh karena itu untuk mencegah hacking password jangan sembarangan untuk menentukan password dan harus memperhatikan beberapa hal tertentu. Password harus dibuat dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini :

– Panjang karakter password paling tidak adalah 7 (tujuh) karakter. Anda juga bisa membuat password yang lebih panjang lagi supaya lebih aman.
– Gunakan paling sedikit 1 (satu) karakter simbol pada salah satu karakter password Anda
– Jika pada komputer anda menerapkan password history, maka pastikan password baru anda selalu berbeda jauh dengan password sebelumnya
– Password anda jangan sampai mengandung nama / username account anda
– Jangan gunakan kata-kata yang umum digunakan pada karaktar password.

Beberapa contoh password yang kuat misalnya sebagai berikut.

*. a4$Jhi&]
*. 3k>i%uA
*. [email protected]#5nQ

Memang sulit untuk mengingatnya namun tergolong aman.

Password sebenarnya merupakan sistem proteksi yang paling lemah dalam sistem komputer. Maka dari itu memilih password yang kuat merupakan suatu keharusan. Mengapa demikian? Tool password cracking semakin canggih dalam usahanya membongkar password, plus juga komputer yang digunakan dalam password cracking semakin baik performanya. Password yang sebelumnya butuh waktu seminggu untuk di crack, maka saat ini dapat di crack hanya dalam beberapa jam saja.

Software untuk crack password biasa menggunakan tiga macam pendekatan yaitu: menebak secara pintar (intelligent guessing), serangan kamus (dictionary attack) dan juga otomatisasi yang berusaha mencoba untuk menggunakan kombinasi karakter. Jika diberi waktu yang cukup, maka metode otomatisasi tersebut bisa melakukan crack password apa saja. Tetapi jika password yang digunakan sangat kuat, maka akan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk memecahkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four + eleven =