Cara Mematikan Autoplay Video Instagram

Saat ini banyak sekali media sosial yang menerapkan fitur autoplay video Instagram meskipun tidak mendapatkan persetujuan dari para pengguna terlebih dahulu. Salah satu contoh seperti yang terjadi pada aplikasi Instagram. Aplikasi jejaring tersebut dilengkapi juga dengan fitur autoplay video dimana video secara otomatis langsung diputar meskipun pengguna tidak menekan tombol play terlebih dahulu. Karena itulah tidak sedikit pengguna yang kemudian ingin mematikan autoplay video Instagram.

Bagi sebagian pengguna, hal ini terasa sangat mengganggu karena dapat menghabiskan kuota data secara signifikan. Sebagian orang menyebutkan kalau fitur ini hanya ditujukan untuk memperbanyak jumlah penayangan. Di satu sisi memang fitur autoplay video yang memutar secara ototmatis cukup menghibur jika memang video yang terputar memang video yang kita kehendaki, bukan semua video yang ada diputar secara otomatis.

mematikan autoplay video Instagram

Dalam menghadapai keluhan yang muncul seputar masalah ini, pihak pengembang aplikasi Instagram memberikan solusi dengan menyediakan cara untuk mematikan fitur autoplay ini. Sayangnya, Instagram tidak menyediakan fitur untuk mematikan autoplay video secara permanen. Oleh karena itu, pengguna Instagram hanya bisa memastikan bahwa video tidak dalam posisi loading ketika terkoneksi dengan paket data.

Mematikan Autoplay Video Instagram

Adapun cara mematikan fitur autoplay video pada Instagram untuk perangkat berbasis Android maupun iOS adalah sebagai berikut:

Langkah paling pertama adalah membuka aplikasi Instagram dan masuk ke halaman Profile dengan menekan ikon siluet orang.

Setelah masuk ke ke Setting (pada ponsel Android tap ikon tiga titik vertikal di pojok kanan halaman Profile. Sedangkan untuk iPhone tap ikon roda bergerigi).

Ketika berada di halaman Setting, cobalah geser ke bawah sampai menemukan opsi “Cellular Data Use”.

Pilih “Use Less Data” untuk menghentikan video pre-loading saat Anda sedang terkoneksi dengan paket data. Namun perlu diketahui saat koneksi jaringan menggunakan Wi-Fi, video tetap akan dalam kondisi pre-loading.

mematikan autoplay video Instagram

Selain memperlambat pre-loading video, pengaturan ini juga bermanfaat untuk menghentikan pre-loading foto saat pengguna sedang membuka Instagram. Hal ini tentu saja sangat berguna bagi pengguna Instagram, karena dapat mencegah pemakaian paket data yang berlebihan.

Demikianlah artikel seputar cara mematikan autoplay video Instagram. Jika selama ini Anda merasa kurang nyaman dengan keberadaan fitur tersebut atau mengeluhkan penyebab kehabisan kuota data internet. Mungkin salah satunya akibat video yang terloading tanpa Anda kehendaki, cobalah mematikannya dengan menerapkan tips di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × 4 =