Melaporkan Berita Hoax Begini Caranya

Kabar hoax yang merupakan berita palsu sebenarnya sudah ada sejak lama di internet dan Google juga telah menyediakan fasilitas untuk melaporkan berita hoax. Hanya saja memang dalam beberapa waktu terakhir munculnya berita bohong menjadi sangat gencar. Terlebih dengan dilakukannya share oleh akun-akun yang mempercayai hal tersebut. Awalnya kabar hoax masih berupa artikel-artikel mengenai berita keajaiban dan keanehan yang terjadi di dunia. Namun seiring waktu saat ini berita hoax bergeser ke ranah poltik. Bahkan pihak kepolisian juga telah membentuk tim cyber crime untuk menangani hal ini. Sebenarnya anda juga dapat berperan langsung untuk ikut meredam dengan melaporkan berita hoax tanpa harus berdebat dengan banyak orang untuk membuktikan berita palsu tersebut.

melaporkan berita hoax

Penggunaan social media atau sosmed menjadi tempat subur tersebarnya berita-berita palsu ini. Karena itu Facebook, Google, dan Twitter mengantisipasinya dengan menyediakan fasilitas yang memungkinkan pengguna melaporkan berita bohong atau hoax. Fasilitas untuk melaporkan berita hoax memang sangat diperlukan untuk meredam gempuran kabar bohong ini. Kebanyakan saat ini berita hoax digulirkan untuk tujuan tertentu seperti provokasi dan sejenisnya.

Namun sebelum Anda melaporkan berita hoax tersebut, sebaiknya anda harus lebih dulu bertanya pada diri Anda:

  1. Menurut anda pribadi apakah memang benar berita ini palsu dan hoax?
  2. Apakah anda menemukan kejanggalan dari berita tersebut ?
  3. Apakah sudah ada berita lain yang melaporkan berita hoax tersebut ?
  4. Sudahkah bukti-bukti yang ada di berita hoax tersebut meyakinkan?

Kalau memang Anda sudah merasa yakin, maka berikut ini merupakan cara melaporkan berita hoax di beberapa sosial media popular :

Melaporkan berita hoax di Facebook

Apabila ada berita di dinding facebook yang menurut anda hoax maka silahkan melaporkan berita hoax tersebut. Klik tanda panah ke bawah yang ada di sebelah kanan atas kemudian pilih “report post” atau ‘laporkan kiriman’ jika anda menggunakan bahasa Indonesia.

melaporkan berita hoax di facebook

Selanjutnya akan muncul dialog “Apa yang terjadi?” yang merupakan pilihan alasan mengapa Anda melaporkan unggahan itu. Jawaban kedua sangat disarankan yaitu, “Menurut saya ini tidak seharusnya ada di Facebook.”

Pada jendela selanjutnya pilihlah “Ini adalah kabar berita salah” atau dalam bahasa Inggris pilihlah, “It’s a false news story.”

Melaporkan berita hoax di Google

Jika anda mendapat atau menemukan berita yang mencurigakan di Facebook atau dari WhatsApp maka cek berita tersebut melalui search engine Google. Pihak Google sendiri melalui kepala eksekutif Google Sundar Pichai mengatakan bahwa ‘berita palsu’ tidak boleh didistribusikan, dan kami setuju. Karena itu Google juga telah lama menyediakan menu untuk melaporkan berita hoax.

melaporkan berita hoax di google

Jadi ketika anda mendapatkan berita yang anda anggap berita bohong atau hoax yang berada dalam halaman pencarian Google maka berikut ini cara melaporkan berita hoax tersebut :

  • Tombol Send Feedback di Google di bagian bawah hasil pencarian
  • Isikan laporan berupa keterangan yang jelas dan masukan tautan atau link yang Anda laporkan. Contohnya dengan tulisan bahwa, “Hasil pencarian nomor ketiga adalah situs berita palsu dan isinya tidak benar.”
  • Sertakan juga ‘screenshot’ serta kalimat yang menurut anda tidak benar.

Melaporkan berita hoax di Twitter

Selain Facebook ternyata Twitter juga menjadi lahan subur untuk menyebarkan berita hoax atau bohong. Karena itulah Twitter cukup aktif dalam mengatasi berbagai ujaran kebencian dan ancaman dalam situs mereka. Hanya saja menu untuk melaporkan berita hoax tampaknya cukup terbatas.

Untuk melaporkan berita hoax di Twitter Anda perlu untuk mengklik simbol tiga titik di bawah kanan kemudian pilih ‘report tweet’ atau ‘laporkan kicauan’.

melaporkan berita hoax di twitter

Dari pilihan laporannya kurang ada yang cocok untuk di pilih. Ketika disebut sebagai spam rasanya kurang tepat. Walaupun berita palsu memang berbahaya, tetapi juga terasa kurang pas untuk memilih opsi ketiga. Karena itu lebih baik untuk memilih pilihan yang pertama yaitu “spam” atau pilihan “saya tidak tertarik (I am not interested)”.

Melaporkan berita hoax di Instagram

Tidak kalah dengan Facebook dan Twitter ternyata Instagram mulai juga digunakan sebagai media provokasi yang efektif. Untuk melaporkan berita hoax di Instagram silahkan klik simbol tiga titik di kanan atas tiap unggahan di Instagram kemudian klik ‘report’ atau ‘laporkan’. Lalu pilih ‘Ini tidak pantas’ atau ‘inappropriate’. Karena tidak ada opsi yang langsung menyatakan ‘ini berita palsu’. Jadi lebih baik pilih untuk melaporkannya sebagai ‘spam’.

Apabila anda termasuk aktif dalam menggunakan social media atau aktifitas di internet pada umumnya maka anda dapat ikut berperan aktif dalam mengurangi menyebarnya berita palsu atau hoax. Jika anda menemukan berita yang menurut anda bohong namun memang anda enggan untuk melaporkan berita hoax tersebut, setidaknya jangan share berita tersebut. Karena dengan melakukan share berita bohong maka anda akan semakin memperparah tersebarnya berita tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fifteen + 7 =