Maksimalkan Kamera Handphone

game marketgloryUntuk memperoleh hasil foto yang bagus sebenarnya tidak harus menggunakan kamera DLSR yang harganya mahal. Cukup dengan kamera smartphone kita tetap dapat memperoleh gambar dengan hasil maksimal asalkan kita dapat maksimalkan kamera android dengan mengoptimalkan segala sumberdaya yang tersedia karena sesungguhnya dalam photography tidak hanya mengandalkan kemampuan kamera dan lensa saja namun masih banyak hal yang harus dilakukan untu memperoleh hasil foto yang bagus dan menarik. Banyak hasil foto yang menarik dihasilkan hanya dari kamera handphone atau smartphone. Berikut beberapa tips maksimalkan kamera handphone supaya kamera handphone hasilnya menjadi bagus :

  • Kenali karakteristik kamera handphone kita. Sebelum mengambil gambar terlebih dahulu kenali dulu karakter kamera ponsel kita. Hal ini sebenarnya sudah kita lakukan saat memutuskan memilih handphone ketika membelinya antara lain berapa resolusinya, seberapa cepat menangkap gambar, apa saja fiturnya, dan apa saja kelebihan serta kekurangannya. Sebaiknya bereksperimenlah dahulu dengan menggunakan semua fitur-fitur di kamera handphone kita seperti ISO, white balance, exposure, dan fitur lainnya. Dengan begitu maka kita akan mengetahui kemampuan kamera ponsel kita sehingga kita akan tahu waktu yang tepat untuk mengaturnya dan kapan harus memencet tombol shutter untuk memperoleh hasil foto yang bagus.
  • Gunakan memory card berkapasitas besar. Kartu memori yang besar akan sangat membantu kita untuk mengabadikan banyak momen penting tanpa perlu takut kehabisan ruang penyimpanan foto karena perlu mengambil gambar berulangkali untuk satu momen yang sama demi memperoleh yang terbaik.
  • Gunakan resolusi tertinggi yang tersedia. Ketika kita sudah mennggunakan memory card dengan kapasitas yang cukup besar maka kita dapat memotret dengan resolusi terbesar dengan ukuran file yang lebih besar juga. Hal ini sangat penting karena resolusi tertinggi akan menghasilkan kualitas foto yang maksimal.
  • Perhatikan pencahayaan. Pencahayaan memegang peranan yang sangat penting untuk menghasilkan foto yang berkualitas. Cahaya terbaik adalah cahaya alami dari matahari. Saat memotret, pastikan objek foto cukup diterangi oleh cahaya. Apabila lokasi berada di dalam ruangan, pastikan posisi kita membelakangi cahaya. Dalam hal ini sangat penting untuk bereksperimen dengan sensitivitas ISO. Untuk mendapatkan gambar yang halus dan minim noise, set settingan kamera di ISO rendah dengan catatan saat menggunakan ISO rendah harus ada cukup pencahayaan pada objek yang akan di foto.
  • Hindari menggunaan digital zoom. Ketika lokasi obyek jauh usahakan jangan menggunakan digital zoom karena hal ini hanya akan memperburuk kualitas foto. Jika keadaan memungkinkan usahakan untuk mendekat ke objek foto.
  • Perhitungkankan komposisi pada obyek. Pada sebagian besar kamera ponsel terutama smartphone terbaru kita akan menemukan pengaturan garis grid. Fungsi garis grid tersebut dapat digunakan untuk membantu menentukan komposisi dalam pengaturan sepertiga atau rule of thirds. Aturan sepertiga akan memandu fotografer menempatkan objek foto pada sepertiga dari keseluruhan bidang gambar. Memperhitungkan komposisi seperti ini akan sangat membantu dalam memperoleh hasil foto yang seimbang.
  • Perhatikan background obyek.  Saat mengambil gambar usahakan jangan sampai lingkungan yang ada mengganggu objek yang akan difoto. Perhatikan orang-orang yang berjalan atau berada masuk ke dalam bingkai kamera, atau benda-benda yang mengganggu pemandangan seperti sampah dan hal lain yang merusak suasana obyek.
  • Manfaatkan aplikasi editor lainnya. Dengan bantuan aplikasi editor yang banyak terdapat di internet maka kita dapat menghasilkan foto dengan tampilan yang lebih baik . Beberapa foto tampak lebih keren dan kreatif jika ditambahkan efek filter. Namun sebaiknya jangan gunakan filter dulu saat mengambil foto supaya kita dapat mengeditnya dengan lebih leluasa nantinya.
  • Stabilkan posisi saat memotret. Dengan posisi yang stabil saat memotret maka akan menghasilkan foto yang bagus dan jernih. Sebelum menekan tombol shutter, pastikan posisi yang stabil untuk menghindari hasil yang blur atau kurang fokus. Kalau memang ada maka bisa memanfaatkan fitur image stabilizer di kamera ponsel.
  • Jangan lupa untuk membersihkan lensa kamera. Hal ini sebenarnya sepele namun jarang dilakukan. Kotoran yang menempel di lensa tanpa disadari dapat diperoleh dari kantong celana atau baju yang berupa benang-benang halus.
  • Gunakan aksesoris tambahan. Jika perlu gunakan aksesoris tambahan seperti lensa tambahan yang saat ini banyak dijual dengan harga terjangkau.

Banyak hasil pemotretan yang bagus hanya dari kamera handphone asalkan kita bisa maksimalkan kamera handphone.

Tags :

apa kegunaan grid kamera,fungsi grid lines camera hp,memanfaatkan gridline foto smartphone,

2 thoughts on “Maksimalkan Kamera Handphone

  1. I see you share interesting content here, you can earn some extra money, your blog has big potential, for the monetizing method, just search in google – K2 advices how
    to monetize a website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

20 − twelve =