MacBook Akan Tinggalkan Keyboard Fisik

Apple termasuk salah satu vendor raksasa di bidang smartphone dan komputer yang selalu sukses dengan berbagai perangkat yang diproduksinya. Kecangggihan teknologi yang disematkan di setiap perangkat yang dirilisnya menjadikan banyak pengguna gadget selalu menanti-nantikan produk rilisan terbaru mereka. Salah satu produksi andalan Apple di bidang komputer adalah MacBook. Setelah sukses dengan layanan online storage iCloud dari Apple ternyata mereka terus meningkatkan inovasinya. Baru-baru ini beredar sebuah kabar mengejutkan sekaligus menggembirakan dari vendor gadget raksasa asal Amerika Serikat ini. Kabar tersebut menyebutkan kalau Apple baru saja mendaftarkan hak paten terkait model keyboard yang nantinya akan disematkan pada komputer jinjing masa depan. Namun sungguhkah  produk MacBook akan tinggalkan keyboard fisik pada generasi berikutnya?

MacBook akan tinggalkan keyboard fisik

Sekilas tergambar dari berita di atas kalau produk pihak Apple akan mengusung jenis keyboard papan layar sentuh selayaknya pada perangkat tablet pada produksi MacBook berikutnya. Berdasarkan informasi yang dirangkum dari The Next Web tertulis kalau hak yang ingin dipatenkan oleh Apple tersebut diberi nama ‘Zero Travel’. Di mana permukaan keyboard akan dirubah menjadi layar sentuh datar, sehingga pengguna bakal mengetik di layar datar.

MacBook Akan Tinggalkan Keyboard Fisik

Pengembangan dari teknologi yang dipatenkan tersebut menggunakan teknologi haptic feedback yang menjadi sarana untuk mengidentifikasi ketukan pada permukaan layar.

Hak yang ingin dipatenkan oleh Apple juga kemungkinan mencakup tombol-tombol di komputer MacBook. Di mana tombol-tombol tersebut akan lebih lengkap karena disertai jenis keyboard numerik tepat di samping letak trackpad.

MacBook akan tinggalkan keyboard fisik

Melihat konsepnya, sepertinya bagian tersebut nantinya bisa digunakan untuk mengakomodasi berbagai fitur dan tambahan lainnya, bahkan hal ini bisa dilakukan oleh pengembang dari pihak ketiga. Jadi, kemungkinan besar jenis keyboard pada MacBook nantinya akan bisa semakin canggih seiring pengembangan yang terus dilakukan. Ini mungkin akan menjawab pertanyaan apakah sungguh MacBook akan tinggalkan keyboard fisik nantinya.

Saat ini muncul sebuah spekulasi yang mengungkapkan adanya kemungkinan penggunaan keyboard layar sentuh seperti penggunaan SwiftKey, yang hanya menggeserkan jari ke tombol yang diinginkan. Pengguna juga memungkinkan untuk mengatur tata letak keyboard serta tingkat pada setiap ketukan.

Meski beragam spekulasi telah bermunculan, namun perlu diingat bahwa kehadiran keyboard baru sebatas paten. Sejauh ini masih belum diketahui kapan paten ini akan direalisasikan oleh Apple pada perangkatnya. Sehingga saat ini masih menjadi tanda tanya besar mengenai kapan tepatnya Apple akan mulai menerapkannya pada MacBook rilisan mereka. Atau justru Apple akan menerapkannya pada jenis perangkat lain.

Sebaiknya kita nantikan saja kehadiran produk dengan keybord canggih ini! Pastinya akan semakin memudahkan penggunanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three + 12 =