Dengan Berat Hati, Indosat Ooredo Tutup Situs E-Commerce Mereka

Tak hanya kemudahan dalam berkomunikasi, perkembangan pesat dunia digital juga membuat masyarakat semakin mudah dalam bertransaksi. Salah satunya adalah kemudahan berbelanja online dengan hadirnya beragam situs E-Commerce seperti halnya Cipika dari Indosat Ooredo. Tingginya minat masyarakat dalam melakukan transaksi online membuat situs E-Commerce tumbuh seperti jamur.

Selain masyarakat tidak perlu menghabiskan waktu dan tenaga untuk pergi berbelanja, harga barang yang dijual secara online cenderung lebih murah bila dibandingkan dengan harga di pasaran. Hal inilah yang membuat peluang bisnis online menjadi sangat menjanjikan.

Banyaknya E-Commerce ini tak hanya berasal dari golongan masyarakat saja, beberapa provider telekomunikasi pun turut mencoba peruntungan di bisnis online ini. Salah satunya adalah Indosat Ooredo dengan situs E-Commerce mereka yang bernama Cipika. Situs online ini mereka luncurkan pada Januari tahun 2014 silam.

Indosat Ooredo

Cipika milik provider penyedia layanan paket internet mentari ini juga menyediakan berbagai jenis barang kebutuhan masyarakat. Mulai dari makanan, segala jenis ponsel pintar, hingga aksesori pendukungnya.

Namun, seiring dengan pesatnya perkembangan di dunia digital, persaingan bisnis pun semakin ketat. Perusahaan penyedia layanan telekomunikasi terbesar di Indonesia ini, dengan berat hati mengatakan bahwa mereka akan secara resmi menutup situs E-Commerce tersebut.

Indosat Ooredo Cipika di tutup

Pada bagian header situs resmi Cipika tertulis bahwa terhitung mulai tanggal 1 Juni mendatang, layanan ini akan sepenuhnya berhenti beroperasi. Cipika menambahkan bahwa mereka turut bangga karena bisa ikut berpartisipasi dalam meningkatkan dan mengembangkan ekonomi lokal Indonesia. Mereka juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelanggan setia yang telah bertransaksi di Cipika selama tiga tahun ini.

Selain itu, Cipika juga menuliskan informasi bahwa transaksi masih bisa dilakukan hingga tanggal 22 Mei. Pihak Cipika ingin memastikan bahwa semua barang pesanan telah terkirim dan semua pihak distribusi dan merchant telah menerima pembayaran.

Kepala Strategi dan Petugas Layanan Digital Indosat Ooredo, Prashant Gokarn, mengatakan, penutupan ini merupakan bagian dari strategi bisnis baru perusahaan penyedia layanan paket internet mentari dan IM3 tersebut. Selain itu, meskipun terbukti baik, tetapi semua proses dari bidang ini tidak terukur.

Kendati demikian, Indosat Ooredo tetap melakukan inovasi-inovasi baru lainnya, seperti adanya program transaksi online PayPro. PayPro menjadi satu bukti nyata bagaimana perusahaan melakukan perubahan.

Ke depannya, Gokarn menambahkan, Indosat Ooredo akan lebih fokus kepada kekuatan inti perusahaan yang terletak pada distribusi jaringan. Menurut Gokarn, peningkatan kepuasan pelanggan tentu menjadi misi utama yang sangat penting. Oleh karenanya, perusahaan akan terus melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas jaringan.

Seiring dengan resminya penutupan situs belanja online Cipika, Gokarn mengatakan akan merekrut para karyawan yang berada di baliknya untuk mengisi posisi di Indosat Ooredo juga anak perusahaannya.

Kerja keras yang dilakukan oleh pemilik jaringan internet mentari demi mewujudkan misi tersebut, dibuktikan dengan banyaknya kemudahan yang ditawarkan kepada para pengguna setia mereka. Untuk pulsa reguler, misalnya, Indosat Ooredo menerapkan tarif dasar panggilan adalah Rp1 per detik. Tarif ini bisa dinikmati hingga 30 detik pertama sejak panggilan tersambung.

Paket data internet Indosat Ooredo

Merambah ke dunia digital ketika internet menjadi kebutuhan utama masyarakat, Indosat Ooredo juga menawarkan berbagai macam paket data internet mentari dan IM3 lengkap dengan bonus-bonus yang tak kalah menarik. Mulai dari gratis kuota untuk penggunaan semua aplikasi media sosial dan chatting, hingga kuota gratis khusus untuk streaming online lagu dan film favorit.

Adanya gratis kuota dan juga kuota tambahan dari Indosat ini tentu bisa dimanfaatkan untuk penggunaan aplikasi lainnya. Misalnya, untuk menggunakan fitur-fitur di aplikasi Traveloka, tidak terkecuali fitur isi ulang pulsa dan paket Mentari di situs Traveloka. Tak perlu takut kuota internet Anda habis, karena ukuran aplikasi tersebut cuku ringan sehingga tidak akan menyedot kuota saat dijalankan.

Tidak perlu berputus asa jika mengalami satu kegagalan, karena selalu ada satu keberhasilan lainnya. Terkadang, harus ada yang dikorbankan untuk menjadi setingkat lebih baik untuk bisa tetap berdiri tegak menghadapi para pesaing. Setidaknya begitulah yang dilakukan Indosat Ooredo.

Isi ulang pulsa dan paket data internet dari Traveloka

Selaras dengan Indosat Ooredo, satu inovasi baru juga telah diakukan oleh Traveloka yang merupakan salah satu agen travel online terbesar di Indonesia. Inovasi ini adalah adanya fitur baru yang ditawarkan, yaitu isi ulang pulsa dan paket data internet secara online. Jadi, kini Anda bisa melakukan reservasi hotel, memesan tiket pesawat dan kereta, juga melakukan isi ulang pulsa dan paket internet hanya dengan satu aplikasi.

Hadirnya inovasi baru ini mengacu pada kebutuhan masyarakat akan kuota internet untuk tetap mendukung mobilitas mereka setiap waktu. Permasalahan akan muncul jika kuota internet habis pada waktu yang tidak tepat, misalnya ketika Anda sedang berada di tengah rapat penting, atau berada di lokasi yang sulit menemukan konter pulsa.

Sama seperti transaksi reservasi hotel dan tiket, melakukan transaksi isi ulang pulsa dan paket internet juga sama mudahnya. Setelah membuka aplikasi dan memilih fitur isi ulang pulsa atau paket internet, Anda tinggal mengetikkan nomor ponsel Anda. Lalu, pilih jenis transaksi isi ulang yang Anda inginkan, dan tekan tombol “Buy Now”. Anda akan diberikan bermacam jenis paket atau pulsa sesuai dengan transaksi pilihan Anda.

Setelah memilih nominal dan melakukan transaksinya, pulsa atau paket internet akan segera dikirimkan ke nomor ponsel Anda. Fitur isi ulang pulsa dan paket internet ini melayani semua provider. Tidak hanya memberikan harga yang kompetitif, Anda juga akan mendapatkan bermacam penawaran dan bonus yang menarik.

Sebagai penutup sekaligus kesimpulan, alangkah baiknya jika kita belajar dari pembahasan di atas. Ada kalanya kita perlu mengalah untuk menang, ada kalanya kita mengambil langkah inovasi agar semakin terdepan. Semuanya kembali lagi pada situasi dan kondisi masing-masing perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seventeen − 15 =