GPU Android dan Beberapa Jenisnya

GPU Android adalah salah satu komponen utama yang mendukung performa dari sebuah gadget android. GPU merupakan kependekan dari Graphic Processing Unit. Fungsi dari GPU sendiri pada gadget android bisa dikatakan sama atau tidak jauh berbeda dengan VGA card yang selama ini telah kita kenal pada Personal Computer (PC) dimana juga terdapat berbagai macam jenis serta tingkat kecepatan. Ketika akan membeli sebuah gadget android ada baiknya jika anda juga mempertimbangkan tentang jenis dan spesifikasi GPU yang terdapat pada gadget android tersebut. GPU yang baik akan sangat berpengaruh pada kinerja prosesor dalam mengolah serta menampilkan data-data grafis. Semakin tinggi spesifikasi GPU Android yang digunakan pada sebuah gadget android maka akan semakin bagus juga gadget android tersebut ketika menjalankan berbagai aplikasi atau game yang membutuhkan kualitas grafis yang tinggi.

GPU Android

Berikut dibawah merupakan penjelasan beberapa jenis GPU Android yang paling sering dipakai pada perangkat Android :

  1. Adreno
    GPU Android Seri Adreno adalah graphic processing unit yang dibuat oleh perusahaan ATI. Jika anda sudah lama berkecimpung di dunia grafis atau game tentu sudah tahu dengan nama besar perusahaan ini. ATI merupakan anak perusahaan AMD yang dulunya disebut dengan seri ATI Imageon pada tahun 2002-2004 yaitu pada awal-awal keluarnya seri GPU ini. Selanjutnya pada tahun 2008, AMD Imageon di jual ke salah satu produsen prosesor mobile terkemuka dunia, yaitu Quallcom. Saat ini ATI/AMD hanya berperan mendukung arsitektur dan pengembangan GPU Adreno saja. Seri Adreno merupakan bawaan dari semua SOC (System On Chip) besutan Quallcom atau dapat dipastikan bahwa semua gadget android yang menggunakan chipset Qualcomm pasti menggunakan GPU Adreno.
  2. PowerVR
    GPU Android PowerVR adalah chip grafis buatan perusahaan Video Logic. Video Logic sendiri dulu pernah sebagai pemain besar yang ikut andil dalam meramaikan persaingan VGA. Namun seiring waktu berjalan persaingan telah mengerucut dan menjadikan NVIDIA dan ATI menjadi dua pemain utama yang mendominasi dunia graphic card. Video Logic saat ini cuma fokus pada pengembangan chipset graphic untuk gadget android atau GPU. PowerVR menjadi salah satu merek dari Video Logic namun tidak diproduksi sendiri oleh Power Logic. Pihak Power Logic hanya sekedar membuat blueprint arsitektur chipset grafis yang kemudian memberikan lisensi untuk memproduksi dan dijual kepada beberapa perusahaan pembuat chipset terkemuka seperti Intel, NEC dan lain sebagainya.
  3. NVIDIA Tegra / GeForce ULP
    GeForce ULP (Ultra Low Power) merupakan GPU Android yang diproduksi oleh NVIDIA. GeForce ULP merupakan System on Chip (SOC) dari NVIDIA Tegra 2.
  4. MALI
    GPU Android MALI adalah GPU dengan arsitektur dari ARM. Nama Mali hingga sekarang memang masih jarang terdengar dan digunakan oleh perangkat gadget android dan tablet. Namun sesungguhnya Mali telah mempunyai reputasi yang sangat baik pada produk-produk chip grafis yang digunakan pada perangkat/ gadget non-gadget android seperti HDTV hingga console game terkenal PlayStation 3. Khusus pada perangkat android, seri yang digunakan adalah Mali 400MP4 (MP adalah indikator core yang digunakan). GPU ini merupakan bagian dari SOC Exynos dualcore CPU 1.2ghz A9 milik Samsung Galaxy S II. Menurut info Mali 400MP4 ini mampu merender hampir sejajar dengan PS3 ataupun Xbox 360.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × 2 =