Empat Menghemat Data Internet Android Dengan Mudah

Sebagai pengguna android, pasti anda sering kali mengaktifkan data internet android untuk dapat menggunakan fitur-fiturnya. Namun, seringkali anda harus kecewa karena kuota data internet yang anda gunakan telah habis sebelum waktunya dan anda harus membeli lagi paket data yang baru. Untuk itu, ada beberapa cara menghemat data internet android yang dapat anda jadikan referensi.

menghemat data internet android

Cara menghemat data internet android

  1. Cara menghemat data internet android yang pertama adalah mematikan auto download pada whatsapp dan auto update pada appstore anda.

  2. Matikan koneksi data internet bila tidak sedang menggunakan untuk menghindari pemakaian data internet yang tidak diinginkan., bahkan oleh oplikasi yang berjalan secara background.

  3. Bila anda sedang disuatu tempat yang menyediakan koneksi wi-fi, alangkah baiknya bila anda menggunakan koneksi wi-fi daripada koneksi data internet anda.

  4. Aktifkan fitur kompresi data pada aplikasi browser anda seperti chrome, opera dan uc browser, yang dapat anda temukan pada menu setting atau options.

  5. Install aplikasi Opera Max yang terbukti dapat mengurangi ukuran file yang di download oleh aplikasi yang berjalan di android. Anda dapat melakukan settingan di OperaMax untuk menentukan kualitas gambar atau video yang dibuka mulai dari rendah, sedang hingga high. Tentunya dengan kompresi High maka kualitas gambar dan video yang diperoleh juga akan semakin menurun atau jelek. Jadi gunakan sesuai dengan selera dan keinginan anda.

Demikian empat cara menghemat data internet android yang dapat anda praktekkan dengan mudah. Semoga anda dapat lebih menghemat pengeluaran bulanan anda untuk membeli data internet android. Ada baiknya jika anda juga sering memantau promo yang diberikan oleh provider yang anda gunakan seperti Axis atau Telkomsel yang sering memberikan promo kuota internet murah walaupun dengan jangka waktu tertentu. Atau bagi anda yang menggunakan smartphone dual simcard tentu akan sangat terbantu, karena dapat memilih dan mengganti kartu operator seluler  sekiranya memberikan tarif yang paling murah, sehingga tidak terikat pada satu operator saja karena kartu dari operator seluler tersebut adalah nomor komunikasi anda yang permanen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ten − 3 =