Cepat Lambatnya Kinerja Komputer Tergantung Pada Ini

Cepat lambatnya kinerja komputer tergantung pada banyak faktor seputar hardware dan software yang terinstall pada komputer atau laptop anda. Tanpa terasa usia komputer semakin lama akan berpengaruh pada kecepatannya. Bahkan untuk spesifikasi komputer yang tinggi sekalipun akan terasa semakin lambat kinerjanya ketika telah berusia. Tapi bukan berarti dengan hal ini kemudian mengharuskan anda untuk segera mengganti komputer. Perlu anda ketahui bahwa cepat lambatnya kinerja komputer tergantung pada beberapa hal berikut ini :

cepat lambatnya kinerja komputer tergantung pada

  • Kapasitas RAM
    RAM merupakan komponen komputer yang paling mudah untuk di upgrade. Biaya yang dibutuhkan juga tidak terlalu tinggi bahkan cukup murah. Bahkan kalau memang dananya terbatas anda dapat membeli RAM second, karena RAM juga termasuk komponen komputer yang tidak mudah rusak jadi untuk kondisi bekaspun masih banyak yang layak untuk dipakai. Cara mudah untuk melihat RAM yang terpasang di komputer atau laptop untuk pengguna Windows adalah melalui computer properties dengan cara klik kanan My Computer lalu klik Properties. Walaupun begitu kita tidak langsung dengan mudah begitu saja membeli RAM kemudian memasangnya di komputer kita karena RAM memiliki type dan spesifikasi beragam yang tidak dapat berjalan jika berbeda dengan yang telah dipasang. Karena itu sebelum membeli RAM terlebih dahulu harus mengecek tipe RAM yang sesuai dengan komputer yang digunakan. Selain itu perhatikan jumlah slot RAM yang terdapat di komputer anda. Jika laptop anda tersedia 1 slot yang telah terpasang 2GB RAM, maka untuk upgrade RAM ke 4GB anda harus membeli dengan 1 keping RAM berukuran 4GB. Namun kalau laptop anda tersedia 2 slot, maka anda bisa membeli RAM 2GB untuk dipasang di slot sebelahnya. Sebaiknya anda membawa RAM yang telah terpasang sebagai contoh untuk mencari RAM yang seragam. Atau kalau perlu bawa sekalian laptop atau komputer anda untuk dicoba.
  • Penggunaan Solid State Drive (SSD)
    SSD adalah hard disk dengan teknologi terbaru. Harganya memang mahal, tapi memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan hard disk biasa karena SSD tahan terhadap getaran dan proses data jauh lebih cepat. Kecepatan SSD mulai terasa sejak dari menyalakan komputer, membuka program atau mentransfer file dengan ukuran yang besar. Pilihan upgrade dengan mengganti hard disk dengan SSD ini memang mahal tapi setidaknya masih lebih murah daripada harus membeli komputer baru.
  • Terinfeksi Virus
    Salah satu penyebab utama komputer menjadi lambat mungkin juga virus atau malware. Program tersebut bekerja tanpa kita sadari, namun dapat memperlambat program lainnya. Karena itu untuk solusinya gunakanlah antivirus yang terupdate secara rutin. Kalau terkendala masalah biaya maka anda dapat memilih untuk menggunakan antivirus free yang terbaik seperti Avast atau Avira.
  • Terlalu Banyak Software
    Jika di komputer atau laptop anda terdapat banyak program atau software yang tidak pernah digunakan maka sebaiknya uninstall program atau software tersebut. Walaupun tidak pernah pakai namun ada banyak program yang seringkali berjalan sendiri secara background tanpa disadari, seperti auto update yang juga dapat menguras kuota internet anda.
  • Windows Kotor Karena File Sampah
    Disc cleanup di sistem operasi Windows berfungsi untuk menghapus files temporary yang sudah tidak digunakan. Banyak file secara otomatis di download dan disimpan ke dalam cache untuk kemudahan browsing anda. Jika anda merasa bingung menggunakan disc cleanup anda dapat menggunakan software gratisan seperti Ccleaner untu membantu anda membersihkan komputer. Karena semakin sedikit program yang terdapat di komputer anda maka semakin baik kinerja computer tersebut.

Coba cek komputer anda baik hardware maupun softwarenya karena cepat lambatnya kinerja komputer tergantung pada beberapa hal diatas yang mungkin terjadi pada komputer atau laptop anda.

Tags :

cepat lambatnya kinerja suatu komputer tergantung pada,cepat lambatnya kinerja komputer tergantung pada,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × four =