Cek Tagihan PDAM Bantul di Aplikasi Android

Pagi ini saya baru saja terima selebaran dari petugas PDAM Bantul yang sedang rutin setiap awal bulan mencatat rekening di meteran PDAM. Awalnya saya pikir selebaran mengenai naiknya tarif PDAM. Setelah saya lihat ternyata berupa pemberitahuan mengenai layanan pengaduan dan info tagihan melalui SMS. Dan pada point selanjutnya terdapat juga informasi mengenai fasilitas baru berupa cara cek tagihan PDAM Bantul melalui aplikasi android.

cek tagihan PDAM Bantul

Penasaran dengan fasilitas tersebut akhirnya saya coba download dan install aplikasi cek tagihan PDAM Bantul melalui google play.

Cek tagihan PDAM bantul melalui aplikasi android

Ukuran file tidaklah besar hanya sekitar 2.5 mb saja sehingga tidak akan menguras kuota internet. Tidak banyak pemberitahuan serta review pada menu aplikasi tersebut. Mungkin karena belum banyak yang mencobanya, terlihat dari total install aplikasi masih di kisaran ratusan. Begitu aplikasi selesai terinstall saya coba jalankan untuk cek tagihan PDAM dengan cara memasukkan nomor pelanggan saya. Sayangnya proses cek tagihan gagal dan muncul notifikasi error seperti pada gambar di bawah.

cek tagihan PDAM Bantul

Sepertinya error karena disebabkan koneksi ke server database. Bagi saya tidak masalah dan sudah merupakan sebuah kemajuan yang diberikan oleh PDAM Bantul. Apalagi mengingat beberapa bulan terakhir supply air di komplek saya sering sekali mati dan hanya mengalir di tengah malam saja. Jadi setidaknya aplikasi ini dapat menjembatani komunikasi dan pengaduan jika ada kendala layanan di kemudian hari. Karena seperti terlihat di screenshot bahwa terdapat juga menu Info Gangguan Air dan Pengaduan. Saya hanya berharap semoga aplikasi android untuk cek tagihan PDAM Bantul ini tetap di garap dan dikembangkan kedepannya. Dan yang penting info gangguan serta layanan benar-benar terupdate dan ditanggapi.

Terlebih bagi saya PDAM Bantul masih perlu menyediakan layanan pembayaran tagihan melalui ATM atau kalau perlu internet banking seperti PDAM di kabupaten propinsi lainnya. Bahkan kalau perlu melakukan kerja sama dengan marketplace seperi Tokopedia untuk pembayaran tagihan. Jangan mau ketinggalan karena dengan kemudahan pembayaran tagihan PDAM Bantul melalui rekening bank secara langsung tentu akan meningkatkan volume pembayaran dan mengurangi jumlah tunggakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 + eighteen =