Cara Meningkatkan Performa Android Tanpa Root

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

meningkatkan performa android tanpa rootSemakin lama smartphone Android digunakan biasanya akan berpengaruh pada kinerja smartphone tersebut yang menjadikan kecepatan android menurun. Performa smartphone Android yang menurun seringkali menjengkelkan penggunanya. Sehingga banyak dibuat aplikasi tune up dan cleaner untuk meningkatkan performa android tanpa root.

Sebenarnya hal ini wajar dan sering terjadi sehingga pengguna tidak perlu khawatir karena hal tersebut walaupun seringkali karena kecepatan android menurun maka akan mempengaruhi performa secara keseluruhan seperti kecepatan internet android. Karena seringnya terjadi kasus kecepatan android yang menurun menjadikan munculnya beberapa solusi untuk mengembalikan kecepatan android seperti baru dengan menginstal aplikasi untuk meningkatkan kecepatan android hingga melakukan root android dengan tujuan meningkatkan kecepatan cpu android, padahal ada beberapa cara untuk cara meningkatkan kecepatan android tanpa root. Berikut ini beberapa cara meningkatkan performa android tanpa root :

Uninstall semua aplikasi yang tidak dipakai

Seringkali kita menginstal berbagai macam aplikasi baik secara sengaja atau tidak sengaja karena klik iklan. Karena itu uninstall semua aplikasi yang di-download namun tak pernah digunakan. Aplikasi-aplikasi tersebut merupakan salah satu penyebab yang membuat kecepatan android menurun karena menggunakan daya ponsel tanpa kita sadari karena bekerja secara background yang menggunakan resource memori dan media penyimpanan Anda.

Untuk menghapus berbagai aplikasi tersebut sangatlah mudah bahkan tanpa harus menginstall aplikasi tambahan untuk uninstall aplikasi yaitu cukup dengan membuka menu Settings lalu cari menu Apps atau Application Manager, kemudian satu per satu uninstall aplikasi tersebut.

Bersihkan Memori Internal 

Seiring penggunaan smartphone Android biasanya akan banyak tersimpan berbagai macam foto, gambar, dan video yang menumpuk dan tersimpan di dalam menu galeri smartphone Android. Tidak hanya cukup dengan menghapus isi galeri saja namun singkirkan juga semua file zip, gambar, rekaman suara, dan sebagian yang sudah tidak dibutuhkan lagi.

Namun jika memang dirasakan masih sayang untuk menghapusnya, maka lakukan back up data dan file tersebut ke dalam PC, laptop atau hardisk eksternal. Setelah menghapus semua file yang tidak berguna maka RAM dan memori internal akan lebih lega sehingga space yang tersedia tadi dapat digunakan lagi untuk keperluan lainnya.

Clear Cache Data

Di dalan smartphone Android terdapat Cache yang berisi berbagai macam file dari aktifitas yang kita lakukan. Fungsi Cache sebenarnya sangat berguna sekali karena dengan cache maka pengguna dapat beraktifitas lebih cepat dan untuk browser maka akan menampilkan halaman website lebih cepat jika halaman tersebut sudah pernah dikunjungi karena tidak perlu mendownload lagi.

Walaupun begitu jika data di dalam cache yang tersimpan pada smartphone terlalu besar maka akan membebani kinerja RAM. Jadi sangat disarankan untuk menghapus cache tersebut secara berkala. Cara menghapus cache sangatlah mudah cukup dengan membuka menu Settings – Apps. Lalu pilih aplikasi yang mau dibersihkan cached datanya, saat muncul notifikasi untuk membersihkan semua cache data tersebut pilih saja OK.

Cek Micro-SD

Umumnya di dalam smartphone selalu terdapat micro SD sebagai fasilitas tambahan menyimpan file atau data, karena itu seringlah untuk mengeceknya, sehingga jangan sampai memori eksternal tersebut penuh dengan file sehingga dapat membuat kecepatan android menurun. Sama dengan Internal Memory, jika memang masih sayang untuk menghapus file tersebut maka backuplah ke media lain seperti PC, Laptop, hardisk eksternal atau kalau mau lebih mudah menggunakan OTG (On The Go) jika smartphone android anda mendukung OTG.

Reset Ponsel

Pilihan terakhir cara meningkatkan performa android tanpa root adalah dengan melakukan reset smartphone android. Cara ini memang tergolong ekstrem namun setidaknya paling sering berhasil karena smartphone android akan kembali seperti baru walaupun dengan konsekuensi semua data di dalamnya termasuk aplikasi yang telah diinstal akan terhapus. Cara melakukan reset android juga tergolong mudah hanya dengan masuk ke menu Settings, lalu pilih Account, Backup and reset, dan pilih Factory Data Reset.

Tags :

cara meningkatkan gpu android tanpa root,cara meningkatkan grafik game android tanpa root,cara meningkatkan grafik android tanpa root,cara meningkatkan gpu tanpa root,mengubah gpu tanpa root,
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × 5 =