Cara Biar Baterai Smartphone Selalu Awet

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Setiap pengguna ponsel termasuk dalam hal ini pengguna smartphone tentu ingin biar baterai smartphone yang dimilikinya selalu awet dan bertahan lama. Alasannya karena baterai diibaratkan jantung dari sebuah smartphone. Apabila tidak ada baterai, otomatis smartphone tidak bisa menyala. Oleh karena itu, daya tahan sebuah baterai pada smartphone merupakan masalah yang selalu jadi perhatian utama setiap pemilik smartphone

baterai smartphone selalu awet

Lithium-ion merupakan jenis baterai terbaik dan paling banyak digunakan pada perangkat smartphone. Lithium-ion sendiri telah diadopsi sejumlah vendor smartphone untuk memperkuat perangkatnya hingga lebih dari dua decade. Baterai produksi Sony ini betul-betul tangguh dan tidak ada yang bisa menyainginya hingga saat ini. Meskipun banyak ilmuwan yang berusaha untuk mencari cara yang jauh lebih efektif ketimbang lithium-ion, tetap belum ada yang bisa menggantikan dominasi lithium-ion.

Banyak asumsi mengenai baterai smartphone yang sering kita dengarkan, khususnya berkaitan dengan trik dan tips agar baterai bisa lebih awet. Benarkah asumsi tersebut? Simak saja penjelasan di bawah ini :

baterai smartphone selalu awet

1. Baterai ponsel perlu langsung dicas saat baru di beli

Banyak para penjual yang menyarankan kepada pengguna yang baru membeli sebuah perangkat smartphone agar mengisi baterai pada smartphone yang baru saja dibeli terlebih hingga penuh sebelum digunakan. Sebenarnya hal ini tidak perlu dilakukan, karena pada dasarnya jenis baterai sebelumnya seperti nikel kadmium memiliki “efek memori” yang berarti baterai akan mempertahankan kapasitas tertentu berdasarkan bagaimana mereka telah diisi dan dikosongkan. Dengan baterai jenis lithium-ion yang lebih modern, kebanyakan kalangan setuju bahwa tidak ada efek tersebut dan baterai ini pun lebih handal.

2. Baterai smartphone akan mengalami penurunan daya dari waktu ke waktu

Daya baterai memang benar akan semakin turun jika digunakan, semakin sering dicas maka daya baterai akan semakin terkuras.

3. Mengecas terlalu lama bisa merusak baterai smartphone

Anggapan ini tidak benar. Sebab, sistem baterai modern pada dasarnya bisa mengurangi tegangan listrik, sehingga akan menyesuaikan kebutuhan daya yang dibutuhkan. Kecuali smartphone dalam kondisi overheat. Panas menyebabkan kinerja baterai Lithium-ion berkurang. Suhu panas yang lebih dari 30 derajat Celcius dapat merusak baterai.

4. Harus menunggu baterai kosong terlebih dahulu dulu baru dicas

Anggapan ini tidak benar. Sebab, baterai smartphone akan terisi sesuai dengan kebutuhan. Justru siklus pengisian baterai yang lama sebenarnya lebih buruk dari pada yang sebentar. Sebaiknya menggunakan smartphone dengan baterai minimum 50 persen, baru melakukan pengisian lagi dan memakainya hingga di bawah 50 persen. Hal ini jauh lebih baik daripada mengisinya dalam keadaan benar-benar kosong.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *