Boot loop Solutions Android dan Jenisnya

Pernahkan android anda mengalami bootloop ? Walaupun kasus boot loop pada android jarang terjadi dan dialami para pengguna android namun jika terjadi maka akan membuat pemiliknya frustasi karena tidak dapat menggunakan smartphone androidnya. Pada kesempatan ini akan sedikit dijelaskan tentang jenis-jenis Bootloop dan beberapa boot loop solutions untuk android anda. Seperti telah disampaikan diatas bahwa sebenarnya kasus bootloop jarang terjadi pada pengguna android yang menggunakan perangkat androidnya secara normal dan wajar, dan bootlop biasanya sering terjadi pada pengguna yang sering melakukan modifikasi pada gadget android yang digunakannya. Kasus bootlop sebenarnya dapat bermanfaat sebagai sebuah bahan evaluasi untuk pengguna Android sehingga jika anda mengalaminya maka anda dapat mengetahui bagaimana cara untuk mengatasinya. Berikut beberapa boot loop solutions dan jenis-jenis bootloop :

boot loop solutions

  • Light Bootloop
    Bootloop ini termasuk ringan dan umumnya disebabkan ketika kita mungkin sedang mencoba mengutak-atik ponsel dengan tanpa menggunakan recovey mode.
    Boot loop solutions : cabut baterai lalu reboot android anda dan terus ulangi cara tersebut sampai android bisa hidup kembali.
  • Medium Bootloop
    Penyebab bootloop ini dikarenakan recovery mode. Jika misalnya setelah bootloop masih bisa masuk recovery mode, maka bootloop ini dapat dikategorikan sebagai medium bootloop.
    Boot loop solutions : lakukan restore backup di menu recovery jika kita belum pernah melakukan backup di recovery, maka bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi flashing seperti SP Flash Tool pada device yang dengan chipset mediatek (biasanya digunakan pada perangkat android merk china).
  • Hard Bootloop
    Bootloop ini bisa disebabkan karena berbagai macam hal. Kasus yang paling menonjol dari bootloop ini adalah ketika akan masuk ke recovery mode, perangkat android tetap mengalami Bootloop.
    Boot loop solutions : Dengan menggunakan aplikasi flashing seperti SP Flash Tool pada device yang mempunyai chipset mediatek.

Catatan :
Apabila muncul boot animation secara berulang – ulang namun kita – kita tidak bisa masuk ke startup home screen, maka penyelesainnya adalah dengan menggunakan Recovery Mode atau Aplikasi Flashing. Hal seperti ini bisa muncul disebabkan karena sebelumnya pengguna melakukan perubahan informasi dari system android.

Jika perangkat android anda mengalami boot loop mungkin beberapa boot loop solutions diatas dapat membantu anda menyelesaikan masalah tersebut tanpa harus membawa ke tempat service

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 − thirteen =