Ini Bahaya Membuang Boarding Pass Sembarangan

Tidak dapat dipungkiri bahwa mudahnya membeli tiket pesawat secara online terbilang praktis dan cepat. Namun sayangnya, ketika anda memesan tiket melalui jalur online tidak seaman ketika anda memesan tike langsung. Ini dikarenakan banyak orang yang membuang boarding pass online mereka setelah penerbangan. Apalagi tren mengunggah foto di jejaring sosial termasuk boarding pass membuat tingkat keamanan ini menjadi rendah. Resiko tentang bahaya membuang boarding pass sembarangan mungkin belum banyak diterima oleh masyarakat umum.

Banyak orang belum mengetahui bahwa boarding pass itu bukan sekedar berisi informasi data penerbangan serta nomor tempat duduk penumpang saja. Ketika anda membuang atau mengunggah boarding pass ke social media maka data tersebut bisa dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan tindak kejahatan.

bahaya membuang boarding pass sembarangan

Seperti yang kami kutip dari laman Foxnews, ada seorang peneliti serta praktisi keamanan, Brian Kebs, menerangkan kalau perbuatan orang untuk mengunggah foto boarding pass ke social media atau bahkan membuangnya secara sembarangan merupakan tindakan yang sangat buruk.

Barcode yang tercetak di boarding pass tersebut akan mudah di retas oleh cracker untuk mengetahui informasi terkait rincian bepergian orang yang bersangkutan. Lebih parahnya lagi, para hacker bisa dengan mudah mengetahui semua informasi personal si pemilik tiket mulai dari jadwal penerbangan sampai rekening pribadi pemilik tiket.

“Hal ini masih kurang di sadari oleh para pengguna maskapai penerbangan. Sudah begitu banyak korban yang ditemukan dari pemesanan tiket melalui jalur online ini,”

Bukan cuma itu, bahaya membuang boarding pass sembarangan dapat dimanfaatkan dengan memakai data yang ada di barcode boarding pass yang digunakan para cracker untuk mengakses ke akun pribadi pemilik tiket sehingga mereka bisa merubah atau bahkan membatalkan penerbangan dengan mudah.

Kasus ini seringkali terjadi di inggris. Hingga kini, pihak berwajib masih mencari para pelaku yang jahil tersebut dan pihak maskapai juga mulai mengatur sistem kode rahasia yang ada di boarding pass karena ini termasuk celah yang membahayakan penumpang mereka.

Apabila anda termasuk orang yang suka memesan tiket melalui jalur online, maka mulai dari sekarang berhati-hatilah. Jangan ceroboh untuk mengunggah foto boarding pass milik anda ke jejaring social. Sebaiknya hancurkan boarding pass jika memang tidak dipakai lagi agar data pribadi anda tetap aman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 + 9 =