Backup VPS Ke Google Drive Dengan Mudah

Melakukan backup merupakan hal wajib dan ini juga berlaku jika kita memiliki project di VPS seperti halnya menjadikan VPS sebagai webserver. Salah satu online storage yang menjadi favorit dan banyak digunakan sebagai backup adalah Google Drive. Hal ini wajar mengingat hampir setiap orang memiliki akun google dan secara otomatis juga akan memiliki akun Google Drive. Tidak hanya itu, dibandingkan cloud storage online lainnya Google Drive termasuk yang menyediakan space yang cukup longgar yaitu 15 GB. Walaupun space sebesar itu masih share dengan aplikasi lain seperti gmail, blogspot dan lain sebagainya. Lalu bagaimana cara backup VPS ke Google Drive melalui SSH di terminal console ?

Caranya sangat mudah dan cepat karena proses upload dan download alias backup dan restore dilakukan langsung antara VPS dengan Google Drive. Jadi jika anda memiliki VPS linux dengan koneksi bandwith yang sangat cepat maka proses ini akan menjadi sangat menyenangkan.

Backup VPS ke Google Drive melalui terminal Linux

Langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah dengan download file GDrive dari Google. Jadi pastikan VPS anda telah terinstall wget.

Jika VPS anda menggunakan Linux 64bit

wget -O /usr/sbin/gdrive https://docs.google.com/uc?id=0B3X9GlR6EmbnQ0FtZmJJUXEyRTA && chmod +x /usr/sbin/gdrive

Jika VPS anda menggunakan Linux 32bit

wget -O /usr/sbin/gdrive https://docs.google.com/uc?id=0B3X9GlR6EmbnLV92dHBpTkFhTEU&export=download && chmod +x /usr/sbin/gdrive

Selanjutnya jalankan perintah untuk melihat daftar file yang terdapat pada akun Google Drive anda

gdrive list

Karena ini adalah pertama kali VPS anda terkoneksi ke akun Google Drive anda maka diperlukan proses authentication dengan muncul notifikasi seperti berikut :

Authentication needed
Go to the following url in your browser:
https://accounts.google.com/o/oauth2/auth?access_type=offline&client_id=356767116221053-7n0vf5akeru7on6o2fjinrecpdosse99eg.apps.googleusercontent.com&redirect_uri=urn%3Aietf%3Awg%3Aoauth%3A2.0%3Aoob&response_type=code&scope=https%3A%2F%2Fwww.googleapis.com%2Fauth%2Fdrive&state=state

Copy link yang muncul pada terminal linux anda kemudian paste di web browser komputer yang sering anda pakai untuk membuka akun Google Drive yang akan anda gunakan sebagai backup.
Setelah anda paste dan menekan enter maka akan muncul kode yang dapat anda gunakan untuk proses verifikasi / autentifikasi. Copy kode tersebut dan paste ke terminal linux anda yang telah muncul pesan sebagai berikut dan press enter :

Enter verification code: PasteKodenyaDisini

Proses verifikasi dan autentifikasi sudah selesai. Selanjutnya anda bisa melihat isi akun Google Drive anda melalui terminal Linux dengan menggunakan perintah berikut.

gdrive list

Maka akan muncul file yang terdapat pada drive Google anda dengan susunan Id – Name – Type – Size – Created.

backup VPS ke Google Drive

Cara mudah upload dan download file backup antara VPS dan Google Drive

Perintah download file dari Google Drive dari terminal Linux
gdrive download Id_file_google_drive

Perintah upload file dari Google Drive dari terminal Linux
gdrive upload namafile_di_VPS_anda.txt

Jika yang anda upload berupa folder dengan banyak file di dalamnya maka tambahkan recursive dengan perintah
gdrive upload namafolder_di_VPS_anda –r

Tidak perlu banyak menghapalan perintah, asalkan anda sering melakukan aktifitas melalui terminal linux seperti cd, mv, mkdir, rm dan sebagainya maka ini semua tidak akan terasa rumit.

Ternyata proses cara backup VPS ke Google Drive melalui SSH di terminal sangat mudah dan cepat dilakukan. Dan sangat beruntung sekali saya memiliki akun Google Drive unlimited sehingga tidak perlu khawatir kehabisan space untuk backup VPS dengan Centos Web Panel sebagai webserver yang saya gunakan. Dengan cara yang sama kita juga dapat memindahkan file dari banyak tempat seperti FTP dan sebagainya ke Google Drive.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five + sixteen =