7 Manfaat Dropbox Untuk Kehidupan

Saat ini penyimpanan file tidak hanya dilakukan secara offline di flashdisk atau hardisk external. Namun saat ini juga secara online dengan fasilitas Cloud Services atau media penyimpanan di Internet. Dengan begitu maka file bisa diakses dari mana saja kita mau selama ada koneksi internet secara gratis. Walaupun fasilitas ini gratis namun memberikan ruang penyimpanan yang lumayan besar dan bisa di upgrade sesuai dengan kapasitas yang kita butuhkan. Dengan memanfaatkan fasilitas Dropbox maka pengguna akan mudah untuk upload dan akses folder/ file darimana saja dan device apa saja bahkan hanya dengan menggunakan browser selama ada koneksi internet. Cara menggunakan Dropbox juga sangat mudah. Beberapa manfaat dropbox antara lain sebagai berikut :

manfaat dropbox

Manfaat dropbox untuk berbagai keperluan

  1. Menggunakan Dropbox untuk My Document :
    Dropbox dapat digunakan sebagai default folder My Document sehingga seluruh isi My Document akan tersimpan secara online. Untuk pengguna sistem operasi Windows tinggal klik kanan di folder My Documents pilih Properties-Location-Move lalu pilih lokasi folder dropbox yang ada di PC. Sedangkan untuk pengguna sistem operasi MacOs membutuhkan commands pada terminal dengan mengetikkan perintah cd Dropbox. Selanjutnya tekan enter kemudian ketikan perintah ln -s ~/Dropbox/Documents ~/Documents tekan enter lagi dan selesai.
  2. Mengirim File dengan Email ke Dropbox sebagai Attachment: Kita juga dapat mengirimkan file di attachment ke dropbox melalui email asalkan memiliki account di SendToDropbox.com. File attachment yang dikirim akan otomatis muncul di Folder Attachment di Dropbox.
  3. Upgrade Space di Dropbox secara gratis. Untuk awalnya Dropbox memberikan space 2 GB pada seluruh penggunanya. Namun jika masih membutuhkan space lebih maka kita bisa menambah space dan ini membutuhkan biaya. Namun selain upgrade space dengan cara membayar ada juga cara mendapatkan space dropbox secara gratis dengan mereferensikan dropbox ke teman atau siapapun agan menggunakan manfaat dropbox. Untuk ini kita akan mendapatkan tambahan space sebesar 500 MB untuk setiap register dropbox. Selain itu kita juga akan mendapatkan 250MB setelah kita menyelesaikan “Get Started” list yang ada di Dashboard Dropbox. Jika kita menghubungkan social media kita dengan Dropbox maka kita akan mendapatkan space tambahan 125MB.
  4. Upload file ke Dropbox melalui URL: Kita juga dapat mengupload file ke Dropbox melalui URL yang di sediakan oleh URL Doplet. Cara uploadnya sangat mudah  yaitu hanya dengan paste link file tersebut ke URL Doplet maka file tersebut akan langsung otomatis masuk ke Folder Dropbox kita.
  5. Download Torrent secara Remote: Seandainya kita sedang di warnet atau di kantor dan sebentar lagi adalah jam pulang kerja namun masih ingin mendownload torrent dan membukanya nanti jika sampai rumah maka Dropbox bisa menyelesaikanya. Tinggal tambahkan saja sedikit setting di aplikasi torrent yang digunakan seperti uTorrent, BitTorrent dan sebagainya untuk otomatis menyimpan filenya ke folder Dropbox kita.
  6. Backup Website WordPress ke Dropbox: Bagi pemilik website dengan CMS WordPress maka kita dapat dengan mudah melakukan backup website dan semua content nya ke Dropbox. Kita tinggal menginstall plugin seperti WordPress Backup to Dropbox atau Plugin WordPress lainnya. Dengan fasilitas tersebut maka kita akan dimudahkan dalam melakukan pekerjaan backup website kedalam Dropbox.
  7. Dropbox di AndroidSelain dapat digunakan di komputer, manfaat Dropbox juga dapat digunakan di Android. Sehingga setiap kali kita menyimpan file foto dan sebagainya ke dropbox android maka akan otomatis tersimpan di komputer kita jika sudah syncronize ke dropbox. Cara install dropbox ke Android juga sangat mudah hanya dengan download melalui Play Store

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 − five =