6 Cara Mengenali Akun Facebook Palsu

Facebook dikenal sebagai situs media sosial terbesar di dunia. Facebook memiliki milyaran pengguna yang ternyata tidak semuanya mempunyai akun asli. Saat ini, terdapat banyak sekali akun Facebook palsu yang bertujuan untuk penipuan atau mencari keuntungan semata. Hal ini membahayakan karena jika Anda lengah dan terpedaya dengan akun Facebook palsu, maka Anda bisa dirugikan olehnya. Maka dari itu, sebelum kejahatan tersebut menghampiri Anda, ada baiknya Anda mulai mengenali akun Facebook palsu dan asli.

Akun Facebook Palsu

1. Foto Profil
Cara mengenali akun Facebook palsu bisa dilihat dari foto profilnya. Cara mengeceknya bisa menggunakan Google Image. Anda bisa menyimpan foto profil tersebut di komputer kemudian upload foto tadi di image.google.com. Di sana, Google akan menampilkan situs-situs yang sering dipakai oleh foto tersebut. Jika Google menampilkan situs-situs dewasa, berarti akun Facebook tersebut palsu.

2. Time line
Anda juga bisa mengenali akun Facebook palsu dari timeline. Beberapa akun Facebook palsu menggunakan jenis kelamin perempuan. Untuk mengeceknya, Anda bisa melihat seberapa sering dia mengupdate status dan berkomentar untuk membalas pesan. Jika dia jarang update status dan hanya memiliki 2-3 foto dengan foto wajah yang berbeda, bisa dikatakan bahwa akun Facebook tersebut palsu. Terkadang, akun Facebook palsu ini juga terlihat memperbarui link spam.

3. Foto profil gadis cantik
Waspadalah jika foto profil Facebook miliknya terlihat begitu cantik. Pasalnya, akun Facebook palsu sering menggunakan foto profil gadis cantik untuk memikat pengguna. Setelah terpikat, biasanya mereka akan melakukan chatting dan meminta ini itu yang mungkin bisa merugikan Anda. Daripada terkena dampak buruk dari pertemanan dengan gadis cantik, lebih baik Anda meneliti dulu profilnya, apakah dia benar-benar gadis dengan akun asli atau palsu.

4. Ulang tahun tanggal 1 Januari
Beberapa akun Facebook palsu diketahui memiliki tanggal lahir 1 Januari. Hal ini karena orang yang menggunakan akun palsu tidak mau repot mengatur tanggal lahir dan cenderung menggunakan tanggal default. Jadi, Anda harus berhati-hati jika teman Facebook yang belum Anda kenal menggunakan tanggal lahir 1 Januari. Namun, jika Anda sudah mengenalnya, maka Anda tak perlu khawatir karena memang teman Anda mempunyai tanggal lahir 1 Januari.

5. Log aktivitas pengguna
Selanjutnya akun Facebook palsu dapat dilihat dari log aktivitas pengguna. Jika orang tersebut hanya menambahkan teman baru untuk mengajak menyukai halaman atau mengajak ke grup tertentu, kemungkinan besar itu adalah akun Facebook palsu. Biasanya akun Facebook seperti hanya menambah teman untuk mengajak mereka untuk mempromosikan sesuatu.

6. Nomor telepon
Kebanyakan akun Facebook palsu mencatumkan nomor telepon di bagian info profil. Akun tersebut biasanya juga menggunakan foto profil yang seksi dan cantik. Dengan mencatumkan nomor telepon, diharapkan Anda akan terpedaya dan mencoba untuk menghubunginya. Setelah itu, Anda akan ditipu atau dijanjikan sesuatu yang merugikan Anda.

Itu tadi enam cara mengenali akun Facebook palsu secara sederhana. Semoga dengan cara-cara tersebut Anda bisa terbebas dari kejahatan yang berasal dari akun Facebook palsu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 + six =