5 Langkah Menghemat Baterai Notebook Anda

menghemat baterai notebookAkan sangat terganggu sekali apabila pada saat sedang bekerja atau online di tempat umum tiba-tiba baterai netbook/notebook melemah. Bagi pengguna netbook mungkin sedikit lebih nyaman karena kebanyakan netbook telah dibekali dengan baterai 6 cell  hingga 12 cell sehingga mampu hidup lebih dari 5 jam. Namun jika baterai telah lemah, ini lain ceritanya. Padahal harga baterai notebook/netbook berkisar 1 jutaan. Berikut merupakan beberapa Tips yang dapat anda Coba untuk menghemat baterai notebook :

1. Atur brightness layar
Selain membuat mata tidak cepat lelah meredupkan Layar/Screen adalah salah satu cara menghemat baterai karena layarlah yang paling kuat menyedot Baterai.
2.Lepaslah baterainya
Loh kok malah dilepas…? Ya karena dengan melepaskanlah baterai laptop anda, saat anda menggunakan laptop langsung dengan colokan kabel listrik dalam jangka waktu lama akan memperpanjang usia baterai karena baterai tidak mengalami pengisian arus secara terus menerus. Dan bila anda menggunakan laptop dengan tenaga baterai, sedapat mungkin jangan sambil dicolokkan ke listrik (sambil di charge) karena ini adalah penganiayaan terhadap baterai. Sedapat mungkin, charge notebook anda pada posisi mati dan segera cabut setelah lampu indikator menunjukkan penuh.
3. Matikan Wi-Fi
Matikan Wi-Fi jika tidak diperlukan supaya Wi-Fi tidak terus menerus mencari sinyal Hot Spot di sekitarnya karena ini sangat menguras tenaga.
4. Cabut Flashdisknya
Matikan device yang tidak diperlukan, seperti USB flashdisk atau webcam. Jangan biarkan flashdisk terus tertancap jika sedang tidak dipakai. Demikian juga dengan webcam, non-aktifkan jika tidak sedang digunakan.
5. Keluarkan CD/DVD nya
Keluarkan CD/DVD dari tempatnya jika sudah tidak dipakai. Putaran yang dihasilkan dari CD-ROM/DVD-ROM memerlukan konsumsi baterai yang cukup besar.
Sebenarnya masih ada beberapa langkah menghemat baterai notebook. Namun dari 5 langkah menghemat baterai notebook diatas bila diterapkan dengan baik sudah akan terasa efeknya.

Tags :

cara menghemat baterai netbook,

Satu tanggapan untuk “5 Langkah Menghemat Baterai Notebook Anda

  • April 19, 2010 pada 1:45 am
    Permalink

    Tips yang simple tapi berguna banget nih 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

13 + 12 =