Home » Security » Peneliti Menemukan Kelemahan di Windows
             

Peneliti Menemukan Kelemahan di Windows

NEW YORK – Peneliti dan ahli komputer di Amerika mengklaim menemukan kelemahan di dalam software Windows versi apapun. Hanya dengan sebuah kode yang dbuat, sistem operasi besutan Microsoft tersebut akan tumbang.

“Sebuah kode yang cukup simple dapat merusakkan sistem operasi Windows, mulai dari Windows 2000 maupun yang di atasnya,” ujar Direktur bidang teknologi pada perusahaan 2X Software Paul Gafa, seperti dikutip melalui V3, Kamis (25/2/2010).

Gafa mengatakan, dalam jaringan OS Windows tersebut dirinya bisa meretas dengan menggunakan serangan denial of service (DoS). Peretasan dengan kode yang simple ini dapat dilakukan ke sistem-sistem operasi Windows, khususnya versi sistem operasi yang cukup lama.

“Temuan ini seharusnya bisa menjadi perhatian semua pihak. Bahkan puluhan juta komputer di dunia merupakan target yang cukup potensial untuk dirusak. Kelemahan dalam sistem operasi ini memungkinkan DoS menyerang komputer anda dan mengendalikan komputer secara jarak jauh. Bayangkan ketika sang peretas mampu menghidupmatikan komputer anda setiap waktu,” ujar Gafa.

Oleh karena temuan ini, Gafa berharap Microsoft dapat melakukan patch secepatnya ke sistem-sistem operasi yang dimaksud.

Menurut Gafa, kelemahan tersebut ada di beberapa sistem operasi, seperti Windows 2000, Windows XP (dan Embedded), Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Server 2008, Windows 7, Windows 2008 R2.

Masih menurut V3, Microsoft dikabarkan telah mengetahui hal ini dan akan melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk memastikan kelemahan tersebut. Sumber : Okezone.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *