Bagaimana Mengatasi Malware di Android

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Belum lama ini Trend Micro yang merupakan perusahaan di bidang software dan security, menyampaikan sejumlah tips tentang bagaimana menghindari program jahat (malware) dengan jenis ransomware. Tentunya tips ini sangat bermanfaat untuk mengatasi malware di android mengingat gadget android selalu terhubung dan melakukan syncronize dengan internet, yang tentu saja akan mengakibatkan gadget android semakin berpotensi sebagai salah satu media perantara penyebaran malware melalui android ke komputer.

Ransomware sendiri adalah tipe malware yang mampu melumpuhkan fungsi komputer. Tujuan serangannya adalah untuk memeras pengguna, yang jika ingin komputernya kembali berfungsi atau datanya dapat diakses lagi, diharuskan membayarkan uang tebusan.

malware di android

Berikut dibawah ini beberapa tips sederhana yang dapat dilakukan untuk mencegahnya :

  1. Lakukan backup file secara berkala. Lakukanlah dengan langkah 3-2-1, yaitu tiga backup data pada dua perangkat berbeda, dan satu dari dua salinan tersebut diletakkan pada tempat yang berbeda.
  2. Jika anda sering membuka halaman website maka lebih baik anda bookmark atau tandai situs-situs favorit yang sering anda kunjungi, usahakan anda hanya mengakses situs-situs yang ada di dalam bookmark tersebut, atau selalu waspada untuk membuka halaman situs yang belum pernah anda kunjungi. Cracker biasanya menyerang dengan cara menyisipkan kode berbahaya ke alamat URL yang kemudian mengarahkan pengguna yang ceroboh ke situs-situs yang sudah ditanami dengan ransomware supaya dapat terdownload tanpa disadari penggunanya. Dengan melakukan bookmark pada situs-situs tertentu yang sering anda kunjungi akan mengurangi resiko pengguna dari kesalahan pengetikkan alamat situs di browser.
  3. Selalu periksa dan verifikasi sumber email ataupun link yang tercantum di dalam email tersebut. Periksa dan pastikan bahwa pengirim email yang mencantumkan link tersebut anda kenal atau berasal dari alamat yang benar-benar dapat dipercaya.
  4. Install antivirus di android dan komputer anda.
  5. Selalu perbarui software atau aplikasi antivirus di komputer dan perangkat android anda secara berkala dengan update terbaru secepatnya.

Saat ini Trend Micro telah menawarkan dua teknologi pendeteksian yang memiliki kecerdasan serta kendali secara menyeluruh yang dapat dikustomisasi di setiap sistem TI, yaitu OfficeScan dan Deep Discovery, Tentunya diharapkan perangkat komputer anda aman dengan menjalankan beberapa langkah pengamanan diatas dimana dapat dimulai dengan mengamankan perangkat android anda dari serangan malware di android yang dapat menginfeksi komputer anda jika suatu saat terhubung .

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *